Cara Unik LBM NU Cianjur Udunan Kegiatan

 
Cara Unik LBM NU Cianjur Udunan Kegiatan
Sumber Gambar: Wandi Ruswannur/Dok. Laduni.ID

LADUNI.ID, Cianjur - Dalam setiap kegiatan Lembaga Bahtsul Masail (LBM) Kabupaten Cianjur yaitu udunan anggota, pengurus dan tuan rumah dalam menyediakan konsumsi. Uniknya, konsumsi itu berupa makanan dan minuman seperti kopi, teh, opak, rengginang, kicimpring, kue ali, pisang dan lain-lain.

Hal itu sebagaimana terlihat pada kegiatan Bahtsul Masail yang digelar di Pondok Pesantren Al-Barokah Kampung Parasu Desa Cijagang Kecamatan Cikalong Kulon Kabupaten Cianjur pada Rabu (31/3/2021). Atas suguhan yang demikian itu, ketua LBM NU Kabupaten Cianjur Ajengan Ibnu Umar menyampaikan ucapan terima kasih.

Menurut Ajengan Ibnu Umar, keunikan kegiatan itu tidak lepas dari dukungan dan sumbangsih anggota, pengurus dan tuan rumah yang telah menyumbangkan sebagian hartanya untuk berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan oleh LBM NU Cianjur.

"Saya mengajak semua untuk mau udunan menuju kemandirian Nahdlatul Ulama. Ini adalah sebagai langkah meneguhkan kemandirian kita sebagai anggota dan pengurus LBM NU," jelasnya, kepada Laduni.ID, Kamis (1/4/2021) kemarin.

Tidak hanya itu, hal yang sama diungkapkan juga oleh Sekretaris LBM NU Kabupaten Cianjur Ajengan Ahmad Baehaqi. Dirinya merasa bangga dan mencatat hampir setiap kegiatan LBM selalu diadakan rereongan (udunan) yang dilakukan oleh anggota, pengurus dan tuan rumah sehingga semua bisa saling berbagi.

Lebih lanjut, menurut Humas LBMNU Cianjur, Ajengan Asep Hamdun, kebiasaan tersebut seharusnya menjadi momentum kebangkitan Nahdlatul Ulama. Kebangkitan tersebut bukan hanya syiar ke-NU-an saja tetapi bagaimana bangkit secara ekonomi dan kesadaran berorganisasi dalam Jamiyyah Nahdlatul Ulama.

“Dengan semboyan Panjang Umur Kemanusiaan, saya mengajak kepada warga NU untuk memperkokoh cinta NU dan cinta tanah air dengan mandiri secara ekonomi dengan udunan,” tegas Ajengan Asep Hamdun.(*)

***

Pewarta: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Mihrob