Biografi KH. Bisri Mustofa

 
Biografi KH. Bisri Mustofa

Daftar Isi Profil KH. Bisri Mustofa

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Keluarga
  4. Pendiri Pesantren

Kelahiran

KH. Bisri Mustofa Beliau lahir pada tahun 1915 di Kampung Sawahan Gang Palen Rembang Jawa Tengah. Beliau merupakan putra pertama dari tiga bersaudara, dari pasangan H. Zaenal Mustofa dan Chotijah. ketiga saudara KH. Bisri Mustofa diantaranya, Salamah (Aminah), Misbach, dan Ma’shum.

Pada awalnya KH. Bisri Mustofa diberi nama oleh kedua orang tuanya yaitu dengan nama Mashadi. Tapi setelah menunaikan ibadah haji pada tahun 1923, ia mengganti nama dengan Bisri dan dikenal dengan nama Bisri Mustofa.

Wafat

Pada hari Rabu, 17 Februari 1977 (27 Shafar 1397 H) waktu asar, KH. Bisri Mustofa dipanggil ke haribaan Allah SWT. Beliau wafat di Rumah sakit Dr. Karyadi Semarang karena serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan gangguan pada paru-paru.

Saat pemakaman Mbah Bisri, masyarakat Rembang dan umumnya Jawa Tengah bahkan juga, dari berbagai pelosok negeri ini, berdatangan dan bertakziah, untuk memberikan penghormatan kepada almaghfurlah. Ratusan ribu pelayat rela berdesak-desakan, untuk menghadiri upacara pemakaman.

Keluarga

KH. Bisri Mustofa melepas masa lajangnya dengan menikahi Ma’rufah, putri KH. Cholil Kasingan. Beliau melaksanakan akad nikah  pada tanggal 17 Rajab 1354 H / Juni 1935.

Pada waktu pernikahan, KH. Bisri Mustofa baru berusia 20 tahun dan Ma’rufah juga berusia 20 tahun. Buah dari pernikahannya, mereka dikaruniai delapan orang anak.  

Seiring perjalanan waktu, KH. Bisri Mustofa kemudian menikah lagi dengan seorang perempuan asal Tegal Jawa Tengah bernama Umi Atiyah pada tahun 1967-an.

Pendiri Pesantren

KH. Bisri Mustofa adalah pendiri Pondok Pesantren Raudhatut Thalibin Rembang, Jawa Tengah.