Tiga Purnama Nusantara

 
Tiga Purnama Nusantara
Sumber Gambar: foto (ist)

Laduni.ID Jakarta - Tiga Purnama dari sebuah generasi platinum telah menunjukkan keteladanan yang tak ternilai bagi kita. Mereka bertiga adalah manusia ajaib yang pernah Gusti Allah anugerahkan untuk bangsa Indonesia.

Baca Juga: Biografi Hadratusyaikh KH. Hasyim Asy’ari

Hadlrotusy Syaikh Mbah Hasyim Asy'ari
Beliau pengobar perlawanan terhadap penjajah yang hendak kembali menancapkan kuku bengisnya. Melalui Resolusi Jihad, tentara Sekutu sebagai pemenang Perang Dunia II menderita shock berat dan akhirnya mendesak agar Belanda mengurungkan niatnya untuk menguasai Indonesia.

Baca Juga: Biografi KH. Wahid Hasyim

Mbah Wahid Hasyim
Beliau adalah menteri agama pertama Indonesia dalam usia yang sangat muda. Beliau pulalah yang mampu mendamaikan antara Nasionalis Sekuler dengan Kelompok Islamis menjadi kesatuan yang harmonis sehingga NKRI yang merdeka dan berdaulat bisa terwujud. NKRI yang berbhinneka tunggal ika kita nikmati hari ini.

Baca Juga: Nilai Toleransi ala Gusdur

Mbah Wali Gus Dur
Berkat keuletan beliau, NKRI yang hampir diambang disintegrasi berhasil diselamatkan. Beliau secara gemilang berhasil merekatkan semua komponen anak bangsa dari Sabang higga Merauke. Sejarah telah membuktikan, hanya Mbah Wali saja yang sanggup diturunkan secara paksa dari kursi kepresidenan, tanpa mengalirkan darah.

Ila hadlroti ruhi Hadlrotusy Syaikh Mbah Hasyim Asy'arie, wa ila hadlroti ruhi Mbah Wahid Hasyim, tsumma ila hadlroti ruhi Mbah Wali Gus Dur, wa zawjatihim, wa awladihim, wa ahlil baytihim, wa dzurriyatihim, wa furu'ihim, wa silsilatihim wa muridihim wa muhibbihim syai-ul lillah lana walahum alfatihah.

Oleh: Shuniyya Ruhama