Metode Orang Hasad dan Dengki

 
Metode Orang Hasad dan Dengki
Sumber Gambar: Foto (ist)

Laduni.ID Jakarta - "Kebiasaanmu mencari-cari kesalahan orang lain itu karena banyak kesalahan dalam dirimu sendiri", (Dawuh Gus Ali Tulangan Sidoarjo).

Baca Juga: Menghilangkan Sifat Hasad di Hati

Muhammad bin Abdullah bin Muhammad bin Abdullah bin Ahmad al Asybali al Maliki atau Al-Qadhy Abu Bakr Ibnul ‘Arabi atau Imam Ibnul Arabi rahimahullah (1075 M Spanyol - 1148 M, Maroko) berkata:

والناس إذا لم يجدوا عيباً لأحد وغلبهم الحسد عليه وعداوتهم له، أحدثوا له عُيوباً.

“Manusia jika tidak menjumpai aib pada seseorang ketika kedengkian dan permusuhan terhadapnya menguasai mereka, maka mereka akan mengada-ngadakan aib yang mereka tuduhkan secara dusta terhadapnya.”

(Termaktub dalam Kitab Al-‘Awashim minal Qawashim fi Tahqiq Mawaqif ash-Shahabah Ba'da Wafat an-Nabi SAW, jilid 1, hlm. 244)

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surat Al-Hujurat Ayat 12 :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱجْتَنِبُوا۟ كَثِيرًا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ ٱلظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا۟ وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ

"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang".

Baca Juga: Ini Tiga Macam Sifat Dengki yang Harus Dihindari

Mencari kesalahan orang lain dalam istilah Islam disebut “Tajassus dan Tahassus”. Tajassus adalah berusaha meneliti dan mencari kesalahan serta kejelekan orang lain. Tahassus adalah berusaha mendengarkan pembicaraan orang lain dengan maksud meneliti dan mencari kejelekan serta kelemahan orang lain.

Pengasuh Pondok Pesantren Bumi Shalawat Sidoarjo KH Agoes Ali Masyhuri (Gus Ali) menegaskan bahwa "orang yang suka mencari-cari kesalahan orang lain justru merupakan manusia yang banyak kesalahannya. Jika kita ingin mengetahui orang yang paling banyak kesalahannya, maka lihatlah orang yang suka mencari-cari kesalahan orang lain".

Semoga bermanfaat

---------
Oleh: Al-Faqir Ahmad Zaini Alawi Khodim Jama’ah Sarinyala
Editor: Nasirudin Latif