Tidak Dipelajari di Sekolah Pendidikan, Namun Dipelajari di Sekolah Kehidupan

 
Tidak Dipelajari di Sekolah Pendidikan, Namun Dipelajari di Sekolah Kehidupan
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Sejak grup Ruang Psikologi berdiri tahun 2018, banyak materi edukasi bertema "mental health" yang telah dishare di grup ini, keyword fitur search #FYI #Sharing #Edukasi dll, dengan tujuan grup punya konsep life school dan sampai sekarang tetap kita lakukan untuk kedepannya.

Saya sadar bahwa sekolah kehidupan (life school) sangat penting untuk terus dipelajari, karena banyak hal-hal penting yang belum diajarkan disekolah. Apalagi dengan banyaknya persoalan masalah kehidupan, sehingga kita harus siap untuk belajar dalam menghadapi masalah kehidupan.

Saya terfokus pada pentingnya masalah "kesehatan mental", dari situ juga dulu awalnya grup Ruang Psikologi didirikan. Kebetulan saya punya beberapa masalah psikologis, maka dari itu saya mengambil acuan psikologi dan filsafat sebagai pelajaran untuk self healing diri saya sendiri.

Setidaknya saat ada masalah, kita punya persiapan dalam menghadapinya. Kita bisa belajar mandiri lewat internet untuk mencari referensi tehadap ilmu yang kita pelajari, karena ilmu sangat berarti dan bisa mengubah cara pandang hidup kita.

Biasanya saya sering mengumpulkan beberapa materi penting untuk bahan referensi, sehingga kita punya banyak alternatif dalam memandang suatu masalah. Seperti ruminasi, konstruksi sosial, negativity bias, self efficacy, self esteem, resiliensi, stoicism. Ada juga cabang-cabang psikologi dan aliran filsafat, serta ilmu pendukung lainnya seperti neuroscience, biopsikologi, sains dan beberapa materi lainnya yang saya pelajari.

Dari beberapa materi yang saya kumpulkan tersebut saya dapat dari forum/grup edukasi di facebook, blog internet, wikipedia, maupun melalui channel edukasi youtube. Dan kadang ada juga yang diulas oleh psikolog/psikiater, kita bisa belajar dimanapun sama siapapun, dan jangan malu untuk bertanya kepada orang lain.

Tanamkan pikiran growth mindset terhadap diri kita untuk terus berkembang kearah yang lebih baik. Setidaknya 1% setiap hari, belajar dan terus belajar, tetap curious, kritis dan jangan mudah termakan hoax.

Meskipun begitu setiap masalah ada yang bisa kita hadapi sendiri, dan ada juga masalah yang kita tidak bisa tangani sendiri, tergantung ringan dan beratnya masalah tersebut. Maka dari itu apabila kita punya masalah psikologis yang sulit diatasi, dan sudah sangat mengganggu dalam keseharian hidup kita. Sebaiknya konsultasikan ke profesional psikolog/psikiater.

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

 

Oleh: Danilham – Ruang Psikologi

Sumber: https://www.facebook.com/groups/504792033337714/permalink/1147728465710731