Kepekaan Belajar di Sekolah Kehidupan

 
Kepekaan Belajar di Sekolah Kehidupan
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Sejak grup Ruang Psikologi berdiri tahun 2018, banyak materi edukasi bertema "mental health" yang telah dishare di grup tersebut, keyword fitur search #FYI #Sharing #Edukasi, dll, dengan tujuan grup punya konsep life school, sampai sekarang tetap kita lakukan, begitu juga untuk ke depannya.

Saya sadar bahwa sekolah kehidupan (life school) sangat penting untuk terus dipelajari, karena banyak hal-hal penting yang belum diajarkan di sekolah pendidikan secara umum. Apalagi dengan banyaknya masalah kehidupan yang dihadapi, maka hal itu meniscayakan kita untuk siap terus belajar tanpa henti.

Saya terfokus pada pentingnya masalah "kesehatan mental", dari situ juga dulu awalnya grup Ruang Psikologi didirikan. Kebetulan saya punya beberapa masalah psikologis, maka dari itu saya mengambil acuan psikologi dan filsafat sebagai pelajaran untuk self healing diri saya sendiri.

Setidaknya saat ada masalah, kita punya persiapan dalam menghadapinya. Kita bisa belajar mandiri lewat internet untuk mencari referensi tehadap ilmu yang kita pelajari, karena ilmu sangat berarti dan bisa mengubah cara pandang hidup kita.

Biasanya saya sering mengumpulkan beberapa materi penting untuk bahan referensi, sehingga dari sini saya punya banyak alternatif dalam memandang suatu masalah. Seperti ruminasi, konstruksi sosial, negativity bias, self efficacy, self esteem, resiliensi, stoicism. Ada juga cabang-cabang psikologi dan aliran filsafat serta ilmu pendukung lainnya seperti neuroscience, biopsikologi, sains dan beberapa materi lainnya yang saya pelajari dan dapat diterapkan dalam menghadapi masalah kehidupan yang ada.

Dari beberapa materi yang saya kumpulkan tersebut, ada di antaranya saya dapat dari forum/grup edukasi di facebook, blog internet, wikipedia, maupun melalui channel edukasi youtube. Selain itu, kadang ada juga yang diulas oleh psikolog/psikiater. Pada prinsipnya saya belajar di manapun dengan siapapun. Satu hal lagi yang penting dicatat adalah tidak malu untuk bertanya kepada orang lain.

Kita perlu menanamkan pikiran growth mindset terhadap diri kita sendiri untuk terus berkembang ke arah yang lebih baik. Setidaknya 1% setiap hari, belajar dan terus belajar, tetap curious, kritis dan jangan mudah termakan hoax.

Meski demikian, kita menyadari bahwa memang ada masalah yang bisa kita hadapi sendiri, tetapi ada juga masalah yang kita tidak bisa tangani sendiri, tergantung ringan dan beratnya masalah tersebut. Maka dari itu apabila kita punya masalah psikologis yang sulit diatasi, dan sudah sangat mengganggu dalam keseharian hidup yang dijalani. Sebaiknya hal itu perlu dikonsultasikan ke profesional psikolog atau psikiater.

Terimakasih dan semoga bermanfaat. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 15 Juni 2021. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Penulis: Danilham

Editor: Hakim