Amalan Supaya Pintar dan Mudah Hafal Ilmu

 
Amalan Supaya Pintar dan Mudah Hafal Ilmu
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Bagi seorang penuntut ilmu, belajar adalah hal yang wajib dilakukan. Dengan belajar seseorang akan mengalami pengulangan dalam memahami sebuah ilmu, dan pada saat itu lah otak akan memproses informasi dan memasukkannya ke dalam ingatan jangka panjang. Sehingga seseorang akan selalu ingat ilmu yang dipelajarinya.

Tidak hanya itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar terjadi perubahan intelegensi dan daya ingat. Pemberian stimulus berupak aktivitas spiritual juga perlu diberikan, seperti berdoa sebelum belajar. Aktivitas Spiritual tersebut dapat meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik, bahkan dalam sebuah penelitian menjelaskan manfaat aktivitas spiritual bagi perkembangan struktur dan saraf otak.

Santri yang belajar di pondok pesantren kebanyakan telah melakukan kegiatan spiritual, sehingga kualitas spiritual lulusan pondok pesantren lebih menonjol. Syaikhona KH. Arwan Cholil memberikan dawuh untuk para penuntut ilmu, khususnya santri, “Rahasiane ben dadi cah pinter kuwi siwakan, jogo wudhu, jama'ah, moco Al-Qur’an, lan sholat wengi.” (Rahasianya biar jadi orang yang pintar adalah bersiwak, menjaga wudlu, berjama'ah, membaca Al-Qur'an, sholat malam)

Dawuh beliau sesuai dengan maqolah Ulama' sebagai berikut:

من أراد أن يحفظ العلم فعليه أن يلتزم عشر خصال:

الأولی: صلاة الليل ولو ركعتين والثانية: دوام الوضوء، والثالثة: التقوى فى السر والعلانية، والرابعة: أن يأكل للتقوى لاللشهوات، والخامسة: السواك، والسادسة: المواظبة على مطالعة الكتب، والسابعة: أدب الأستاذ، والثامنة: تلاوة القرآن، والتاسعة: خدمة الأبوين، والعاشرة: حسن الأخلاق.

Barangsiapa yang ingin menghafalkan ilmu maka baginya wajib 10 hal:

1. Sholat Malam meskipun dua roka'at,

2. Menjaga wudhu,

3. Bertaqwa kepada Allah di kala sendiri maupun bersama orang lain,

4. Makan dengan tujuan supaya kuat beribadah bukan hanya sekedar menuruti hawa nafsu,

5. Bersiwak,

6. Selalu menelaah kitab,

7. Beretika dengan ustadz,

8. Membaca Al-Qur'an,

9. Berkhidmah (melayani) kedua orangtua dan

10. Baik akhlaknya.

Dikutip dari Ponpes Darul Hikmah Pati


Editor: Daniel Simatupang