Mengapa Masuk Kamar Mandi Kaki Kiri Dulu? Ini Penjelasan Habib Luthfi

 
Mengapa Masuk Kamar Mandi Kaki Kiri Dulu? Ini Penjelasan Habib Luthfi
Sumber Gambar: Ilustrasi/Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Umat Nabi Muhammad merupakan umat yang paling dimudahkan dalam segala aktivitas kehidupan. Bagaimana tidak, Nabi SAW selalu memberikan tuntunan ketika hendak melakukan sesuatu, contoh kecil yang beliau ajarkan ialah disunnahkan ketika masuk kamar mandi didahului kaki kiri.

Ternyata apa yang Rasulullah contohkan bukan karena sunah semata, melainkan karena ada faktor medis yang menjadi alasan kuat. Habib Luthfi bin Yahya menjelaskan hal tersebut secara jelas dan detail alasan mengapa disunahkan untuk mendahulukan kaki kiri ketika masuk kamar mandi.

Hal tersebut berkaitan dengan kondisi biologis dan kesehatan manusia. Kaki kiri terhubung dengan organ paru-paru kanan, sedangkan kaki kanan terhubung ke paru-paru kiri yang sangat dekat dengan jantung.

“Ketika kita masuk ke kamar mandi kaki kiri dahulu, pertama, akan mendapatkan pahala karena ittiba’u sunnatun nabiyyul salallahu ‘alaihi wassalamah,” ujar Habib Luthfi.

Selain melakukan sunah, orang yang masuk kamar mandi dengan mendahulukan kaki kiri akan diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Sekiranya terdapat sesuatu yang tidak terlihat dan berbahaya bagi tubuh manusia (bakteri dan virus) di kamar mandi, maka hal tersebut telah ditangkal karena menggunakan kaki kiri yang terhubung dengan paru-paru sebelah kanan.

“Begitu kaki kanan mengayuh, terhempaslah semuanya yang sebetulnya masuk ke jantung,” kata Habib Luthfi.

Dan ketika hendak membasahi tubuh dengan air, Rasulullah SAW menganjurkan untuk menyiram bagian kaki terlebih dahulu. “Disunnahkan jangan langsung mandi, kalau Rasulullah mandi kakinya dulu disiram, biar netral. Tidak langsung dari kepala, tidak,” kata Habib Luthfi.

Ternyata hal tersebut berguna untuk menetralkan suhu tubuh sebelum terkena air secara keseluruhan. Habib Luthfi mengatakan jika hal tersebut dilakukan maka akan keluar asap dari kepala (ubun-ubun), dan selanjutnya bisa mulai menyiramkan air pada pundak sebelah kanan.

“Maka terkadang ada orang mendadak di kamar mandi tidak bisa apa-apa, bahkan sampai meninggal di kamar mandi, apa sebabnya? Bisa diselidiki, itu pertama kali dia mandi tidak kakinya dahulu,” tutup Habib Luthfi.


Editor: Daniel Simatupang