Humor Gus Dur: Malaikat Maut

 
Humor Gus Dur: Malaikat Maut
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Selain dikenal sebagai politisi dan kiai, Gus Dur dikenal juga karena kewaliannya. Banyak sekali hal-hal janggal yang terjadi pada Gus Dur, seperti saat beliau dirawat insentif di Rumah Sakit Gatot Subroto.

Saat itu beliau sedang dirawat di rumah sakit karena suatu penyakit, menjelang malam Gus Dur meminta Kirun (Budayawan Jawa Timut) yang kebetulan ikut menemani Gus Dur untuk pindah ke rumah sakit lain.

Mendengar permintaan Gus Dur, Kirun lalu menghubungi salah satu puteri Gus Dur, Mbak Yeni Wahid. Setelah mengurus beberapa hal, akhirnya Gus Dur dipindahkan ke Rumah Sakit Metropolitan Medical Center (RS MMC) pada malam itu juga.

Besok paginya, di RS MMC Gus Dur meminta Kirun untuk menghubungi pihak RS Gatot Subroto untuk menanyakan hal apa yang sepeninggalnya Gus Dur. Dengan cepat Kirun pun menghubungi pihak RS Gatot Subroto atas perintah Gus Dur.

Setelah mendapat informasi dari pihak RS Gatot Subroto, Kirun lantas memberitahukannya kepada Gus Dur. “Anu Gus, setelah njenengan pindah semalam ada 4 pasien yang berdekatan dengan Gus Dur meninggal dunia lewat jam 12 malam,” kata Kirun.

Gus Dur pun menjelaskan alas an kenapa dirinya pindah, “Makanya aku minta pindah rumah sakit. Sudah dari Magrib tadi aku liat malaikat seliweran di Gatot Subroto. Aku takut malaikat salah ngambil, nanti malah aku yang diambil malaikat,” jawab Gus Dur sambal tertawa. Kirun hanya mampu terdiam dan menggelengkan kepala.

Disadur dari Alif.id


Editor: Daniel Simatupang