Sejarah

 

KH. Husein Muhammad: Saat Gus Dur Tinggalkan Istana

“Bila kalian menginginkan kebahagiaan, carilah kedamaian”. Bila musim Haul Gus Dur tiba, ingatanku tentang Gus Dur meninggalkan istana menyembul lagi bersama dengan sejuta kenangan yang lain bersama beliau.

Eksekusi Mati Al-Hallaj: Sebuah Tragedi

27 Maret 922 M. Syeikh Husein Manshur al-Hallaj, dibawa menuju tiang gantungan. Suasana senyap. Al-Hallaj berjalan tenang, diam.

Asal-Usul Terciptanya Kalimat Wallahul Muwaffiq Ila Aqwamit Thariq

Foto ini diambil saat KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menjadi Ketua Umum PBNU, KH. Ahmad Abdul Hamid Kendal (Mustasyar PBNUwaktu itu) mendoakan Gus Dur, dan Gus Dur pun mengamini doa beliau.

Perjuangan Abah Yat Mojokerto Mendirikan GP Ansor

Tahun 1941, Abah Yat menikah dengan Badriyah, putri KH. Moh Hisyam asal Desa Gayam, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Perjuangan Abah Yat dimulai saat tentara Jepang masuk ke Mojokerto tahun 1943.

Kisah Orang-orang Hebat yang Diambil Mantu oleh Sang Guru

Sebenarnya saya sedang menulis artikel "Memenangkan Hati Guru", Qadarullah karena masih banyak hal lain yang harus didahulukan, akhirnya artikel itu masih saja menaruh rindu kepadaku.

Al-Quran Peninggalan Zaman Nabi Muhammad SAW Ternyata Ada di Inggris

Setelah diteliti dengan penanggalan radiocarbon diketahui bahwa manuskrip itu berusia sekitar 1.370 tahun, dan dengan demikian manuskrip ini tercatat sebagai manuskrip tertua di dunia.

Hikayat Sunan Gunung Jati Mendakwahkan Islam

Sunan Gunung Jati, atau dikenal juga sebagai Syarif Hidayatullah adalah tokoh penegak Islam pertama di tatar Sunda. Ia dibesarkan dan dididik di tanah Arab.

Kisah Bung Karno Saat Nyantri di Habib Ali Kwitang

Kalau Bung Karno tinggal di kediaman Habib Ali jelas aman karena Habib Ali adalah tokoh Muslim kharismatik yang sangat dihormati oleh lawan maupun kawan, termasuk Belanda.

Kelihaian Cakraningrat IV Meracik Strategi Perang yang Bikin Belanda Takut

Beliau adalah putra kedua Cakraningrat II. Beliau naik tahta pada tahun 1718 menggantikan kakaknya Tumenggung Adisosro/ Cakraningrat III yang wafat. Nama kecil beliau adalah Abdul Kharim Diningrat (1718-1746).

Tiga Gua yang Pernah Disinggahi Nabi Muhammad SAW

Sahabat pembaca Laduni.id yang budiman, sebagai umat Islam kita pasti tahu atau pernah mendengar tentang gua-gua yang pernah disinggahi oleh Rasulullah SAW.