Thaharah (Bersuci)

 

Empat Hal Inilah yang Membatalkan Wudhu

Orang yang batal wudhunya tentunya ia tidak diperbolehkan melakukan shalat dan amalan ibadah lain yang menuntut kesucian dari hadats kecil bila akan melakukannya. 

Hukum Kencing Sambil Berdiri

alam ajaran Islam sendiri, Rasulullah mengajarkan umatnya untuk tidak kencing sambil berdiri, karena supaya percikan air seni tak terkena pakaian atau badan, sebab dengan kencing sambil berdiri percikan air seni akan lebih jauh, bahkan memerciki badan dan dapat terkena pakaian atau celana tanpa kita ketahui

Manfaat Melanggengkan Wudhu

Melanggengkan wudlu sungguh sangat banyak manfaatnya. Apa saja manfaat tersebut?

Tata Cara Berwudhu dan Doanya

Jakarta Rukun wudhu merupakan hal yang harus dilakukan saat wudhu, jika tidak dilakukan maka menyebabkan hukum wudhu tersebut tidak sah. Berikut beberapa cara berwudhu dengan benar yang harus diterapkan tanpa ada kesalahan atau kekeliruan.

Tiga Jenis Najis dan Cara Bersucinya

Dalam bahasa arab, najis disebut an-najasah yang berarti al-qadzarah, artinya kotoran. Secara istilah, najis adalah sesuatu yang keberadaannya dapat menghalangi sahnya ibadah. Berikut ini tiga jenis najis dan cara mensucikannya.

Macam-macam Air untuk Bersuci

Laduni.ID, Jakarta Di dalam madzhab Imam Syafi’i para ulama membagi air menjadi 4 (empat) kategori masing-masing beserta hukum penggunaannya dalam bersuci. Keempat kategori itu adalah air suci dan menyucikan, air musyammas, air suci namun tidak menyucikan, dan air mutanajis.

Hukum Wudhu Sebelum Mandi Wajib dan Hikmahnya

Bagi seorang muslim yang memiliki hadas besar atau sedang dalam junub maka diwajibkan untuk melaksanakan mandi wajib sebelum melaksanakan ibadah shalat dan lainnya.

Niat, Cara, dan Adab Mandi Junub yang Wajib Diketahui

Hadas terbagi dalam 2 macam dan cara mensucikan yang berbeda, hadas kecil cukup disucikan dengan wudhu sedangkan hadas besar dengan cara mandi wajib (mandi Junub/ Jinabat) atau yang paling umum di masyarakat dengan istilah mandi wajib.

Pengertian, Macam, dan Cara Thaharah

Thaharah menurut bahasa berarti bersuci. Menurut syara’ atau istilah adalah membersihkan diri, pakaian, tempat, dan benda-benda lain dari najis dan hadas menurut cara-cara yang ditentukan oleh syariat islam.

Tata Cara Mandi Wajib dan Hal-hal yang Mengharuskannya

Banyak orang yang masih tidak tahu mengenai tata cara mandi wajib yang benar sesuai dengan aturannya. Padahal, sesuai dengan namanya, mandi wajib merupakan salah satu mandi yang diwajibkan untuk mensucikan diri dari hadas besar.

Menampilkan 1 - 10 dari 52 Thaharah (Bersuci)