Thaharah (Bersuci)

 

0246. Tayamum di Pesawat dengan Menggunakan Kursi Sebagai Alatnya

Laduni.ID, Jakarta Tayamumnya tidak sah, sedangkan kedudukan sholatnya hanya semata-mata karena mulianya waktu (li hurmatil waqti).  

0231. Hukum Berdoa di Kamar Mandi Setelah Berwudhu

Laduni.ID, Jakarta Di antara adab seseorang yang berada di kamar mandi adalah tidak boleh berbicara, seperti berdzikir ataupun berbicara yang tidak baik. Berbicara seperti menelpon atau bercakap-cakap dengan orang yang ada di luar kamar mandi itu dilarang dalam syariat Islam

0240. Ustadz Ma'ruf Khozin : Bolehkah Najis Besar Disucikan Pakai Sabun?

Laduni.IDD, Jakarta Dalam madzhab Syafi'i ada istilah najis Mughalladzah. Yakni najisnya anjing (berdasarkan hadis di bawah) dan babi (berdasarkan Qiyas/ disamakan dengan anjing).

0244. Hukum Mencukur Bulu Kemaluan atau Istihdad dalam Islam

Laduni.ID, Jakarta Dari beberapa hadits yang mengatakan tentang kesunnahan mencukur bulu kemaluan, para ulama kemudian sepakat jika hukum mencukur bulu kemaluan adalah sunnah

0242. Menurut Para Ulama Beginilah Hukum Bersuci Menggunakan Tisu

Laduni.ID, Jakarta Telinga kita begitu akrab dengan an-nadhafatu minal iman, kebersihan merupakan sebagian dari iman. Atau at-thuhuru syartul iman, kesucian merupakan separoh dari keimanan.

0232. Batasan Umur Anak, Membatalkan Wudhu ketika Disentuh

Laduni.ID, Jakarta Dalam mazhab Syafi’i merupakan salah satu hal yang dapat membatalkan wudhu.

0243. Cara Menyucikan Pakaian Najis Menggunakan Mesin Cuci

Laduni.ID, Jakarta Ketentuan yang masyhur dalam mazhab Syafi’i tentang air yang terkena najis adalah: jika volume air sudah sampai dua qullah (216 liter atau kubus dengan panjang, lebar, dan tinggi masing-masing 60 cm) .

0233. Hukum Bersentuhan dengan Pasangan Suami Istri, Membatalkan Wudhu?

Laduni.ID, Jakarta Pendapat yang populer di kalangan umat Islam Indonesia adalah pendapat yang menganggap bahwa menyentuh istri membatalkan wudhu jika tanpa penutup atau aling-aling (bi duni ha`il), kecuali rambut, gigi, dan kuku

0230. Penting, Ini Manfaat Melanggengkan Wudhu

Laduni.ID, Jakarta Melanggengkan wudlu sungguh sangat banyak manfaatnya. Apa saja manfaat tersebut?

0234. Apakah Menyentuh Istri dapat Membatalkan Wudhu? Inilah Jawabannya

Laduni.ID, Jakarta Di dalam kitab Risalatul Jami’ah, dibahas mengenai hal-hal yang membatalkan wudhu (نواقض الوضوء). Hal-hal yang membatalkan wudhu ada 4 perkara sebagai berikut.