Thaharah (Bersuci)

 

0245. Tata Cara Tayamum dan Doanya

Laduni.ID, Jakarta Tayamum merupakan salah satu cara untuk menghilangkan hadast dan sebagai pengganti dari wudhu. Karena itu, sebagai seorang muslim, kita wajib tahu tata cara tayamum yang benar.

0238. Hukum Mendaur Ulang Air Mutanajjis

Laduni.ID, Jakarta Air merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan umat manusia. Sedangkan pasokan sumber air bersih yang layak dikonsumsi seringkali kurang mencukupi kebutuhan, terutama pada musim kering.

0237. Hasil Proses Pengolahan Air Bersih

Laduni.ID, Jakarta Dinilai ma’ al-mutlaq apabila air bersih hasil proses pengolahan tetapi mempunyai kelainan baik rasa, bau ataupun warna ?.

0236. Pendapat Tentang Cara Menghilangkan Najis dan Hadas

Laduni.ID, Jakarta Muktamar memilih pendapat Imam Nawawi, sebagaimana putusan Muktamar pertama nomor 2, yaitu pendapat yang lebih menang dalam madzhab.

0239. Pakaian Yang Terkena Darah Nyamuk

Laduni.ID, Jakarta Dalam hal ini para ulama berselisih pendapat, menurut Imam Mutawalli dimaafkan, tetapi menurut Imam lainnya tidak dimaafkan.

0235. Hukum Menyentuh Lawan Jenis Sesudah Wudhu

Laduni.ID, Jakarta Bagaimana Hukum Menyentuh Lawan Jenis Sesudah Wudhu ?

0241. Hukum Air yang Keluar Sebelum Melahirkan

Laduni.ID, Jakarta Penjelasan tentang hukum air yang keluar sebelum melahirkan.

0218. Najis yang Dimaafkan dan yang Tidak Dimaafkan

Laduni.ID, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari sering kali seorang Muslim bersinggungan dengan barang-barang yang dianggap oleh fiqih sebagai barang najis, yang apabila barang najis ini mengenai sesuatu yang dikenakannya akan berakibat hukum yang tidak sepele.

0217. Niat Mandi yang Ada dalam Agama Islam

Laduni.ID, Jakarta Agama Islam begitu perhatian terhadap kebersihan. Bahkan mandi dianjurkan dikerjakan sebelum atau sesudah ibadah tertentu. Mandi merupakan salah satu cara bersuci bagi umat Islam. Dengan mandi, tubuh seseorang akan menjadi bersih dan segar sehingga siap menjalankan ibadah.

0223. Hukum Wudhu Setelah Bersenggama dan Hikmahnya

Laduni.ID, Jakarta Imam Al Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah menyebutkan bahwa berwudhu’ sebelum mandi wajib adalah sunnah. Wudhu’ dengan sempurna atau mengakhirkan pemasuhan kaki didalam wudhu’.