Thaharah (Bersuci)

 

Hukum Wudhu Setelah Bersenggama dan Hikmahnya

LADUNI.ID, Imam Al Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah menyebutkan bahwa berwudhu’ sebelum mandi wajib adalah sunnah. Wudhu’ dengan sempurna atau mengakhirkan pemasuhan kaki didalam wudhu’.

Perbedaan Antara Hadast dan Najis yang Perlu Diketahui Seorang Muslim

LADUNI.ID, Kiita sering kali mengenal dua istilah, yakni hadats dan najis dalam istilah bersuci (thaharah). Dua istilah ini memiliki implikasi yang berbeda sehingga kita harus mampu membedakan antara dua istilah ini.

Pentingnya Menjaga Kesucian dari Najis Air Kencing

LADUNI.ID, Adapaun salah satunya tidak bersuci ketika selesai kencing dan satunya lagi ia selalu berjalan mengobarkan fitnah / mengadu domba.

Gara-gara Air Kencing, Anda Bisa Masuk Neraka

LADUNI.ID, Takutlah kalian terhadap air kencing, karena sesungguhnya air kencing adalah yg pertama kali diperhitungkan seorang hamba di dalam kuburan.

Wajibkah Mengulang Mandi Saat Terdapat Sperma dalam Kemaluan Perempuan?

LADUNI.ID, Seorang perempuan mengeluarkan sperma setelah mandi besar (janabat) namun ia tidak tahu perihal sperma tersebut, apakah spermanya sendiri ataukah sperma suaminya.

Berbagai Macam Jenis Mandi yang Terdapat dalam Agama Islam

LADUNI.ID,  Mandi besar dalam masyarakat kita menjadi lawan dari mandi biasa. Artinya mandi keseharian yang biasa dilakukan untuk membersihkan dan menyegarkan badan.

Hukum Kencing Sambil Berdiri

Untuk mencegah terkena najis ini maka kencing sambil jongkok yaitu pilihan terbaik. Mengenai kencing sambil berdiri, hukumnya adalah boleh

Hukum Mencukur Bulu Kemaluan atau Istihdad dalam Islam

Dari beberapa hadits yang mengatakan tentang kesunnahan mencukur bulu kemaluan, para ulama kemudian sepakat jika hukum mencukur bulu kemaluan adalah sunnah

Jumlah Volume Air untuk Mandi Wajib

kadar air yang disiapkan untuk mandi junub adalah sebanyak satu Sho’ sementara untuk wudhu adalah sebanyak satu Mudd

Menurut Para Ulama Beginilah Hukum Bersuci Menggunakan Tisu

Telinga kita begitu akrab dengan an-nadhafatu minal iman, kebersihan merupakan sebagian dari iman. Atau at-thuhuru syartul iman, kesucian merupakan separoh dari keimanan.