Kandungan Garam Ditemukan di Bulan Europa Milik Jupiter

 
Kandungan Garam Ditemukan di Bulan Europa Milik Jupiter

LADUNI.ID, California - Pasadena Samantha Trumbo, seorang peneliti asal California Institute of Technology menemukan senyawa kimia NaCl (Sodium Klorida) di bulan Europa milik planet Jupiter. Senyawa ini persis sama dengan yang terdapat di lautan yang ada di Bumi. Senyawa NaCl tersebut dilaporkan bertempat di bawah cangkang es bulan Eropa.

Peneliti dan timnya membuat hipotesa jika lautan tersebut didominasi kandungan garam sulfat. Akan tetapi, setelah dideteksi menggunakan teleskop Hubble milik NASA justru hasilnya adalah kemungkinan adanya NaC1 di bulan tersebut.

Ungkap Trumbo seperti dikutip dari Space."Kami perlu meninjau kembali pemahaman kami tentang komposisi permukaan (bulan) Eropa serta geokimia internal. Jika natrium klorida benar-benar mencerminkan kompisis internal, maka itu mungkin lebih mirip Bumi." 

Di sisi lain, Kevin Hand, seorang ilmuwan NASA, menyebutkan telah menggunakan sampel garam laut dari bulan Eropa. Setelah dilakukan iradiasi, pengujian menbuktikan bahwa terdapat beberapa fitur baru yang muncul dari natrium klorida.

Kemudian Ia juga melaporkan bahwa fitur-fitur baru tersebut memiliki warna yang berbeda-beda, seperti kuning untuk sodium klorida yang mirip dengan fitur di daerah Tara Regio, daerah geologis bulan Eropa. Akan tetapi, penelitian tersebut belum bisa memastikan jika Sodium Klorida (NaCl) itu berasal dari samudera yang berada di bawah bulan Eropa.

Pada tahun 1996 hingga 2003 silam, NASA pernah mengirim pesawat ruang angkasa Galileo untuk mengorbit di planet Jupiter dimana Galileo menemukan beberapa bercak aneh kekuningan di permukaan bulan Eropa. Sehingga, hasil yang ditemukan Galileo membuat para ilmuan saat ini penasaran untuk meneliti lebih lanjut tentang bercak kuning tersebut. Hasil akhir yang didapat saat ini menunjukkan bahwa warna kuning itu berasal dari kandungan senyawa kimia, garam Sodium Klorida.