Pentingnya Persatuan Fatah dan Hamas Demi Kemenangan Palestina

Pentingnya Persatuan Fatah dan Hamas Demi Kemenangan Palestina

LADUNI.ID, Palestina - Sebagaimana diketahui, negara Palestina mengalami masalah yang rumit di dalam negeri. Masalah tersebut terkait pertikaian antara dua kelompok politik besar yaitu Fatah dan Hamas. Ironisnya, meski proses musyawarah sudah dilakukan berkali-kali, namun hingga saat ini kedua belah pihak masih saja berseteru semenjak tahun 2007.

Mengenai hal tersebut, Zuhair Al-Shun selaku Duta Besar Palestina untuk Indonesia, di Jakarta, Rabu (26/6) mengatakan bahwa, presiden Palestina menginginkan permasalahan tersebut selesai dan bisa kembali bersatu dalam segala hal demi kemenangan dan kemajuan negara Palestina.

"Presiden Palestina, Mahmud Abbas sangat ingin menyampaikan silaturahmi yang bisa dilakukan dari Fatah ke Hamas dan Hamas ke Fatah, sehingga banyaklah proses-proses rekonsiliasi yang bisa dilakukan " terangnya.

Fatah merupakan pendukung pemerintah Palestina di Tepi Barat sedangkan, Hamas menguasai Jalur Gaza. Keduanya berbeda pandangan dalam menyikapi perlawanan terhadap Israel. Fatah menolak perlawanan bersenjata dengan pihak Israel. Sementara, Hamas tetap bersikap keras terhadap Israel dan menolak keberadaan negara itu. Hal ini terlihat dari banyaknya roket yang diluncurkan ke wilayah Israel.

Sebelumnya, kedua kelompok tersebut sempat berdamai melalui mediasi yang dipelopori oleh Mesir pada Oktober 2017 lalu. Hamas bahkan sempat setuju dan berencana menyerahkan Jalur Gaza ke Fatah. Namun, kesepakatan damai tersebut hanya tinggal nama semata dan berakhir tanpa ada kejelasan.