Cara Didik Anak Agar Jadi Benar dan Shaleh

Cara Didik Anak Agar Jadi Benar dan Shaleh

LADUNI.ID, Kalau kita menginginkan keluarga yang bahagia, berbuatlah sebaik mungkin sebagai orang tua yang baik kepada anak-anaknya.

Syarat terbentuknya keluarga yang mawahdah wa rahmah adalah tumbuhnya sifat kebapakan atau keibuan pada pasangan suami istri. Sekalipun belum dikaruniai momongan, belum mempunyai keturunan, mereka harus sudah menyiapkan diri dengan sifat  kebapakan atau keibuan.

Boleh dikatakan, dengan bersikap kebapakan atau keibuan, mereka sudah menyiapkan teorinya nanti begitu mendapatkan keturunan, mereka bisa langsung praktik. Ketika  buah hati sudah tumbuh, kita akan cepat menggapai mawadah wa rahmah.

Adanya kerja sama antara ibu dan bapak akan saling melengkapi, sehingga anak-anak akan meniru atau mengikuti teladan orang-tuanya yang dirasakan sangat lengkap. Bukannya sebaliknya, kekurangan di antara kedua orang tua itu justru ditampakkan, sehingga anak-anak cenderung akan mencontoh tindakan-tindakan yang salah itu.

Sarana lainnya adalah bila sudah menjadi orang tua, kita harus memberikan contoh berupa dekat kepada para ulama. Mana mungkin anak kita akan dekat dan mencintai ulama kalau orang tuanya sendiri tidak dekat dan cinta kepada para ulama? Ajaklah anak-anak kita secara berkala berkunjung atau bersilaturahmi kepada para guru, ustadz, atau ulama. Entah dalam keperluan pribadi atau dalam acara menghadiri majelis taklimnya. Tidak usah jauh-jauh, dimulai dari guru, ustadz atau ulama dilingkungan sendiri saja. Baru kemudian kepada lingkungan yang lebih jauh.

Kalau anak-anak sudah besar tunjukkan juga pusara para ulama. Supaya mereka mau mengingat jasa  dan perjuangannya. Disamping itu juga berdoa kepada Allah supaya para ulama yang berada dialam barzakh juga mau mendoakan kita.

Peringatan Rasulullah SAW, ujian akan muncul kalau kita jauh dari para ulama. Diantaranya akan terangkat barakah diantara kita.

Jadi kalau kita menginginkan anak-anak kita shaleh, jangan menjauhkan mereka dari para ulama.

Dan kalau ingin terhindar dari cobaan, kita perlu memperbanyak membaca Al Quran dan shalawat kepada Nabi SAW. Kita tidak mendidik anak membaca Al Quran supaya pintar, tetapi supaya benar. Sebab kalau benar pasti pintar, tetapi kalau pintar belum tentu benar.

Kita juga mesti selalu mendoakan anak kita agar menjadi anak shaleh dan hidupnya penuh barakah.

Sumber: Majalah Al Kisah