Artikel

 

Sahut Kicau Kebahagiaan di Malam Kelahiran Rasulullah SAW

Jika kita mencoba memutar ruang waktu dan berhenti pada tahun 571 Masehi, kita akan melihat sebuah suasana bak pesta yang melibatkan seluruh makhluk di alam semesta ini. Kegembiraan beraduk dengan isak tangis kebahagiaan atas kelahiran seorang yang dinantikan kehadirannya.

Gus Dur Dilengserkan dari Kursi Kepresidenan Demi Membela Masa Depan Papua

Isu perusahaan asing yang selalu mengancam Pemerintah Indonesia jika kepentingannya tidak terpenuhi ternyata benar adanya. Bahkan ancaman berbentuk intimidasi atau menakut-nakuti pernah dialami oleh Presiden KH. Abdurrahman Wahid.

Belajar Menjadi Pendengar yang Baik dari Sayyid Mujtaba

Sayyid Mujtaba – begitu kami biasa memanggil beliau – adalah sosok yang alim luar biasa (di Darul Musthafa beliau bahkan dipasrahi untuk mengajar materi-materi sulit di kelas tinggi) saya sendiri pernah mengaji kepada beliau Ilmu Ushul, Mutammimah Jurumiah dan Kitab Nahwu Qotrunnada karya Ibnu Hisyam itu.

Panik itu Asbab Datangnya Penyakit

Di dalam kitab Hilyatul Auliya' ada sebuah Hikayah yang sangat bermanfaat untuk kita. Di kisahkan ada seorang waliyullah yang bisa melihat dan bisa bercengkrama dengan makhluk yang tak kasat mata (ghoib). Pada suatu hari ada rombongan wabah tho'un pergi untuk ke kota Damaskus, di tengah perjalanan, wabah itu bertemu dengan seorang waliyullah.

Karakter Mbah Kyai Wahab Chasbullah

Mbah Wahab itu itsar, senantiasa mengutamakan kepentingan Bersama dibandingkan kepentingan pribadinya. Mbah Wahab itu visioner, memiliki visi yang jelas tentang masa depan, mau dibawa ke mana pesantren, dibawa ke mana NU dan bangsa, semuanya telah beliau perhitungkan dengan matang.

Hukum Mencium Kedua Kaki Orangtua atau Ulama

Berbakti terhadap kedua orang tua merupakan suatu kewajiban bagi setiap anak. Bagaimana tidak? Allah SWT telah memerintahkan hal tersebut. Serta telah mengancam setiap anak yang durhaka terhadap orang tuanya.

Mengenang Kiai Zainuddin Djazuli, Permata Pesantren Ploso Kediri

Sesuai dengan nama beliau, Mbah Yai Din adalah perhiasannya agama. Putra kinasih Kiai Djazuli dan Nyai Rodliyah, orang tuanya. Putra tertua kiai Djazuli yang hidup hingga dewasa. Pengatur ritme Pesantren Al Falah Ploso Kediri, pengayom bagi adik-adiknya. Kiai Huda, Kiai Hamim (Gus Miek), Kiai Fu'ad, Kiai Munif dan Nyai Lailatul Badriyah.

Sampai Kapan pun Tidak Ada Manusia yang Bisa Menandingi Kuasa Tuhan

Maka janganlah pernah sombong, mengaku sebagai Tuhan seperti Fir'aun yang jazad kematiannya diabadikan hingga hari akhir, pelajaran bagi manusia yang hidup berikutnya atau menantang Tuhan seperti Namrud yang mati mengenaskan oleh seekor nyamuk kecil.

Menjaga Adab di Ruang Publik saat Pandemi

Anda yakin bahwa anda tidak akan terkena covid-19 bahkan anda yakin tidak percaya bahwa covid itu ada, silahkan itu hak anda. Selama anda di rumah itu hak anda. Tetapi ingat, ketika anda berada diluar rumah maka anda harus memiliki adab, anda terikat dengn kaidah fiqih.

Al-Qur'an Menjadi Tolok Ukur bagi Generasi di Sebuah Masa

Pagi hari yang indah nan berkah. Di sebuah rumah yang terbuat dari ukiran kayu jati yang kuat nan kokoh, terdengar suara yang merdu, "Bismillahir rahmanir rohim, Inna a'tainaakal ...." Lantunan ayat suci Al-Qur'an yang amat indah dari seorang anak perempuan mungil yang bernama Latifah, "De, cepetan ke warung! baca Al-Qur'an mah gak bakalan bikin kaya, ayah lagi sibuk sekarang," ucap sang ayah,