Artikel Keagamaan

 

Penghulu Menyebut Nama Lain Saat Akad Nikah, Bagaimana Hukumnya?

Innalillah wainnailaihi Raji'un, KH. Mujtaba (Kiai Sodiq) Pregih, Sampang wafat. Beliau kiai sepuh yang baru wafat Jumat (26/2/2021).

Menyikapi Orang yang Alergi Hadis Dhaif

Tidak sekali duakali pengajian saya dikritisi oleh jamaah perihal hadis dhaif. Semalam, ada jamaah yang mengajukan pertanyaan: Apa pertanyaannya?

Keharusan Memotong Kuku dalam Tinjauan Fikih dan Sains

Kuku menjadi salah satu bagian terpenting bagi tubuh (ujung jari tangan dan jari kaki). Salah satunya berfungsi dalam melindungi diri dari berbagai mikroorganisme yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Selain itu juga membantu tim medis dalam mendiagnosis pada beberapa penyakit.

Ustadz Ma’ruf Khozin: Berjumpa Arwah Orang yang Telah Wafat

Saya sudah siap mau dituduh Quburiyyun, Klenik, Islam Kejawen, penerus nenek moyang, atau apapun terkait tulisan ini. Yakni soal manusia yang masih hidup bisa berjumpa dengan ruh orang yang sudah wafat.

Harta tidak Halal Setelah Bertaubat, Bagaimana Statusnya?

Hukum Islam Harta yang tidak halal setelah Bertaubat

Muslim Memandikan Jenazah Kafir Bukan Penodaan Agama, Ini Dalilnya

Sangat mengejutkan "tuduhan penodaan agama" kepada perawat-perawat Non-Muslim (mohon maaf saya menyebut non-muslim) yang telah memandikan mayyit Muslim, yang tentu dilaksanakan dengan ikhlas dan rasa kemanusiaan.

Khutbah Jumat: Covid di Antara Qobidh dan Khofidh

Interaksi sosial kita terasa sangat beda dari sebelum-sebelumnya. Kita yang biasa salaman dengan berjabat tangan sudah tidak melakukannya lagi, meski ada juga yang berani melakukannya.

Menguruk Sungai Jadi Daratan, Bagaimana Pandangan Islam?

Menguruk Sungai jadi Daratan, Bolehkah? Hukum Islam

Cara Wahabi Membuat Tadlis

Ketika para ulama salaf ahlussunnah berkata dengan huruf laa nafi di dalam kaifiyyah yang artinya “meniadakan kaifiyyah”: