DONASI untuk pengembangan profil pesantren 1.820, kitab 700, makam 634, biografi Ulama 2.577 dan silsilah, tuntunan ibadah, Al-Qur'an dan Hadis serta asbabulnya, weton, assessment kepribadian, fitur komunitas media sosial.
Manusia adalah makhluk wujud yang dulu tidak ada, dan sekarang ada. Dan perlu ditekankan dalam memahami hal itu bahwa penyebab suatu keadaan terjadi bukanlah karena manusia, melainkan sebab-sebab terjadinya suatu kejadian di muka bumi ialah karena Allah.
Pada masa itu, terdapat salah seorang sahabat yang bernama Abu Dujanah. Setiap selesai menjalankan ibadah shalat Subuh berjamaah yang diimami oleh Rasulullah SAW, Abu Dujanah selalu terburu-buru pulang tanpa menunggu pembacaan doa yang dipanjatkan Rasulullah SAW.
“Kalimat ‘Inna lillah’ adalah bentuk tauhid dan pengakuan terhadap status kita sebagai hamba serta milik Allah. Sedangkan ‘Wa inna ilaihi raji‘un’ adalah pengakuan bahwa kita akan binasa, dibangkitkan dari kubur, dan bahwa segala urusan akan kembali kepada-Nya.”
Agama itu memberi ketenangan dan kedamaian seperti layaknya harmonisasi gesekan biola. Begitu konon KH. Achmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah, berpesan kepada para santrinya, sambil kemudian beliau menggesek biolanya, membunyikan nada.
“Tidaklah seorang Mukmin tertimpa duri atau yang lebih darinya, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya atau menghapus kesalahannya karenanya.” (HR. Muslim)
Di negeri kita yang dilingkari cincin api, bencana alam bukanlah peristiwa asing. Gempa bumi, banjir bandang, longsor, hingga ombak besar kerap datang menyapa tanpa diduga.
Namanya adalah KH. R. As’ad Syamsul Arifin Situbondo, Jawa Timur, sosok ulama kharismatik yang menjadi saksi utama berdirinya Nahdlatul Ulama (NU). Kiyai As’ad inilah yang diutus Syaikhona Kholil Bangkalan untuk menyampaikan isyarat kepada Hadratussyaikh KH.
Umar bin Abdul Aziz adalah pemimpin kaum Muslimin. Seperti moyangnya Umar Ibnul Khattab, ia lebih senang dipanggil "Amirul Mukminin", pemimpin (pelayan) orang-orang beriman. Ia seorang pemimpin yang adil dan sukses melakukan reformasi.
Alkisah, dalam sebuah diskusi, ada seorang murid bertanya kepada gurunya. Pertanyaan itu ditanggapi dengan sangat baik oleh gurunya, dan terjadilah interaksi yang menarik untuk diteladani.
Menurut Imam Ibnu Athaillah As-Askandari r.a, menjadi guru bukan sekadar guru yang hanya sekadar menyampaikan ilmu kepada muridnya. Lebih dari itu, ada hakikat tertentu seseorang bisa dikatakan guru.