Biografi Sahabat Ali bin Abu Thalib RA

 
Biografi Sahabat Ali bin Abu Thalib RA
Sumber Gambar: Foto ist

Daftar Isi Biografi Khalifah Ali bin Abu Thalib RA

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Penerus
  4. Nasab
  5. Masa Remaja
  6. Kehidupan di Mekkah sampai Hijrah ke Madinah
  7. Pernikahan
  8. Setelah Nabi Muhammad saw. Wafat
  9. Pengangkatan Sebagai Khalifah
  10. Keturunan
  11. Chart Silsilah Sanad
  12. Referensi

1. Kelahiran

Ali bin Abu Thalib adalah Khalifah ar-Rasyid yang keempat setelah Utsman bin Affan. Beliau adalah sepupu dari Nabi Muhammad saw. dan setelah menikah dengan Fatimah az-Zahra, ia menjadi menantu Rasulullah saw. Ali bin Abi Thalib adalah orang pertama kali masuk islam dari kalangan anak-anak. Ali bin Abi Thalib merupakan orang yang sangat cerdas. Rasulullah saw. pernah berujar : Ana Madinah al-'ilm wa 'ali babuha (Aku adalah kota ilmu, dan 'Ali adalah pintu gerbangnya).

Baca juga: Keistimewaan Fatimah Az-Zahra

Ali dilahirkan di Mekkah, daerah Hejaz, Jazirah Arab, pada tanggal 13 Rajab. Menurut ahli sejarawan, Ali dilahirkan 10 tahun sebelum dimulainya kenabian nabi Muhammad saw., diperkirakan sekitar tahun 599 M/600 M. Usia Ali terhadap nabi Muhammad saw. masih diperselisihkan hingga kini, sebagian riwayat menyebut berbeda 25 tahun, ada yang berbeda 27 tahun, ada yang 30 tahun bahkan 32 tahun. Beliau bernama asli Haydar bin Abu Thalib. Haydar yang berarti Singa adalah harapan keluarga Abu Thalib untuk mempunyai penerus yang dapat menjadi tokoh pemberani dan disegani di antara kalangan Quraisy Mekkah.

Setelah mengetahui sepupu yang baru lahir diberi nama Haydar, Nabi Saw memanggil dengan Ali yang berarti Tinggi (derajat di sisi Allah Swt). Ali dilahirkan dari ibu yang bernama Fatimah binti Asad, dimana Asad merupakan anak dari Hasyim, sehingga menjadikan Ali, merupakan keturunan Hasyim dari sisi bapak dan ibu. Bersama istri beliau Khadijah, nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mengasuh Ali sejak kecil dan menjadikannya putra angkat.

2. Wafat

Ali bin Abu Thalib r.a. adalah seorang yang memiliki kecakapan dalam bidang militer dan strategi perang, mengalami kesulitan dalam administrasi negara karena kekacauan luar biasa yang ditinggalkan pemerintahan sebelumya. Ia meninggal di usia 63 tahun karena pembunuhan oleh Abdrrahman bin Muljam, seseorang yang berasal dari golongan Khawarij (pembangkang) saat mengimami salat subuh di masjid Kufah, pada tanggal 19 Ramadhan, dan Ali menghembuskan napas terakhirnya pada tanggal 21 Ramadhan tahun 40 Hijriyah. Ali dikuburkan secara rahasia di Najaf, bahkan ada beberapa riwayat yang menyatakan bahwa ia dikubur di tempat lain.

3. Penerus

  1. Al Aswad bin Yazid Ibnu Qois An Nakho'I
  2. Urwah bin Zubair
  3. Masruq bin Ajda Alhamadani
  4. Aamir bin Syurahbil
  5. Syekh Hasan Al Bashri
  6. Suraih Alharits bin Harits Alkindi
  7. Said bin Musayab

4. Nasab

Ali bin Abu Thalib bin Abdul Muthalib bin Hasyim bin Abdu Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Luay bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin an-Nadhar bin Kinanah. Rasulullah memberinya kun-yah Abu Turab. Ia adalah sepupu sekaligus menantu Rasulullah Saw. Ibunya bernama Fathimah binti Asad bin Hasyim bin Qushay bin Kilab. Ali memiliki beberapa orang saudara laki-laki yang lebih tua darinya, mereka adalah: Thalib, Aqil, dan Ja’far. Dan dua orang saudara perempuan; Ummu Hani’ dan Jumanah. Ayahnya, Abu Thalib yang nama aslinya adalah Abdu Manaf. Abu Thalib adalah paman kandung Rasulullah Saw yang sangat menyayangi Nabi, namun ia wafat dalam agama Jahiliyyah.

Baca juga: Biografi Umar bin Khattab r.a.

5. Masa Remaja

Ketika Nabi Muhammad saw. menerima wahyu, riwayat-riwayat lama seperti Ibnu Ishaq menjelaskan Ali adalah lelaki pertama yang mempercayai wahyu tersebut atau orang ke 2 yang percaya setelah Khadijah istri Nabi sendiri. Pada titik ini Ali berusia sekitar 10 tahun. Pada usia remaja setelah wahyu turun, Ali banyak belajar langsung dari Nabi saw karena sebagai anak asuh, berkesempatan selalu dekat dengan Nabi hal ini berkelanjutan hingga beliau menjadi menantu Nabi saw. Didikan langsung dari Nabi saw kepada Ali dalam semua aspek ilmu islam baik aspek dzhahir (exterior) atau syariah dan bathin (interior) atau tasawwuf menggembleng Ali menjadi seorang pemuda yang sangat cerdas, berani dan bijak.

6. Kehidupan di Mekkah sampai Hijrah ke Madinah

Ali bersedia tidur di kamar Nabi untuk mengelabui orang-orang Quraisy yang akan menggagalkan hijrah Nabi. Beliau tidur menampakkan kesan Nabi yang tidur sehingga masuk waktu menjelang pagi mereka mengetahui Ali yang tidur, sudah tertinggal satu malam perjalanan oleh Nabi yang telah meloloskan diri ke Madinah bersama Abu Bakar.

7. Pernikahan

Setelah masa hijrah dan tinggal di Madinah, Ali dinikahkan Nabi Muhammad saw. dengan putri kesayangannya Sayyaidah Fatimah az-Zahra r.a. Pada masa Nabi Muhammad saw. hampir semua peperangan beliau ikuti kecuali perang Tabuk karena mewakili Nabi Muhammad untuk menjaga kota Madinah.

  • Perang Badar

Beberapa saat setelah menikah, pecahlah perang Badar, perang pertama dalam sejarah Islam. Di sini Ali betul-betul menjadi pahlawan disamping Hamzah, paman Nabi. Banyaknya Quraisy Mekkah yang tewas di tangan Ali masih dalam perselisihan, tapi semua sepakat beliau menjadi bintang lapangan dalam usia yang masih sangat muda sekitar 25 tahun. Perang Khandaq juga menjadi saksi nyata keberanian Ali bin Abu Thalib ketika memerangi Amar bin Abdi Wud.

  • Perang Khaibar

Setelah Perjanjian Hudaibiyah yang memuat perjanjian perdamaian antara kaum Muslimin dengan Yahudi, dikemudian hari Yahudi mengkhianati perjanjian tersebut sehingga pecah perang melawan Yahudi yang bertahan di Benteng Khaibar yang sangat kokoh, biasa disebut dengan perang Khaibar. Di saat para sahabat tidak mampu membuka benteng Khaibar, Nabi saw. bersabda: "Besok, akan aku serahkan bendera kepada seseorang yang tidak akan melarikan diri, dia akan menyerang berulang-ulang dan Allah akan mengaruniakan kemenangan baginya. Allah dan Rasul-Nya mencintainya dan dia mencintai Allah dan Rasul-Nya". Maka, seluruh sahabat pun berangan-angan untuk mendapatkan kemuliaan tersebut. Namun, teryata Ali bin Abi Thalib yang mendapat kehormatan itu serta mampu menghancurkan benteng Khaibar.

8. Setelah Nabi Muhammad saw. Wafat

Sampai disini hampir semua pihak sepakat tentang riwayat Ali bin Abu Thalib, perbedaan pendapat mulai tampak ketika Muhammad saw. wafat. Syi'ah berpendapat sudah ada wasiat (berdasar riwayat Ghadir Khum) bahwa Ali harus menjadi Khalifah bila Nabi saw. wafat. Tetapi Sunni tidak sependapat, sehingga pada saat Ali dan Fatimah masih berada dalam suasana duka orang-orang Quraisy bersepakat untuk membaiat Abu Bakar. Pengangkatan Abu Bakar sebagai Khalifah yang pertama tentu tidak disetujui keluarga Nabi, Ahlul Bait dan pengikutnya.

Beberapa riwayat berbeda pendapat waktu pem-bai'at-an Ali bin Abi Thalib terhadap Abu Bakar sebagai khalifah pengganti Rasulullah saw. Ada yang meriwayatkan setelah Nabi saw dimakamkan, ada yang beberapa hari setelah itu, riwayat yang terbanyak adalah Ali mem-bai'at Abu Bakar setelah Fatimah meninggal, yaitu enam bulan setelah meninggalnya Rasulullah demi mencegah perpecahan dalam ummat. Ada yang menyatakan bahwa Ali belum pantas untuk menyandang jabatan khalifah karena umurnya yang masih muda, ada pula yang menyatakan bahwa kekhalifahan dan kenabian sebaiknya tidak berada di tangan Bani Hasyim.

Baca juga: Ngaji Ilmu Kesaktian Sayyidah Fatimah binti Rasulullah untuk Nusantara (1)

9. Pengangkatan Sebagai Khalifah

Peristiwa pembunuhan terhadap Khalifah Utsman bin Affan (khalifah ketiga) mengakibatkan kegentingan di seluruh dunia Islam yang waktu itu sudah membentang sampai ke Persia dan Afrika Utara. Pemberontak yang waktu itu menguasai Madinah tidak mempunyai pilihan lain selain Ali bin Abu Thalib sebagai khalifah, waktu itu Ali berusaha menolak, tetapi Zubair bin Awwam dan Talhah bin Ubaidillah memaksa beliau, sehingga akhirnya Ali menerima bai'at mereka.

Menjadikan Ali satu-satunya Khalifah yang dibai'at secara massal, karena khalifah sebelumnya dipilih melalui cara yang berbeda-beda. Sebagai Khalifah ke-4 yang memerintah selama sekitar 5 tahun. Masa pemerintahannya mewarisi kekacauan yang terjadi saat masa pemerintah Khalifah sebelumnya, Utsman bin Affan. Untuk pertama kalinya perang saudara antara umat Muslim terjadi saat masa pemerintahannya,

Pertempuran Basra. 20.000 pasukan pimpinan Ali melawan 30.000 pasukan pimpinan Zubair bin Awwam, Talhah bin Ubaidillah, dan Ummul Mu'minin Aisyah binti Abu Bakar, Istri Rasulullah. Perang tersebut dimenangkan oleh pihak Ali. Peristiwa pembunuhan Khalifah Utsman bin Affan yang menurut berbagai kalangan waktu itu kurang dapat diselesaikan karena fitnah yang sudah terlanjur meluas dan sudah diisyaratkan (akan terjadi) oleh Nabi Muhammad saw. ketika beliau masih hidup, dan diperparah oleh hasutan-hasutan para pembangkang yang ada sejak zaman Utsman bin Affan, menyebabkan perpecahan di kalangan kaum muslim sehingga menyebabkan perang tersebut. Tidak hanya selesai di situ, konflik berkepanjangan terjadi hingga akhir pemerintahannya. Pertempuran Shiffin yang melemahkan kekhalifannya juga berawal dari masalah tersebut.  

10. Keturunan

Ali memiliki delapan istri setelah meninggalnya Fatimah az-Zahra r.a dan memiliki keseluruhan 36 orang anak. Dua anak laki-lakinya yang terkenal, lahir dari anak Nabi Muhammad, Fatimah, adalah Hasan dan Husain. Keturunan Sayyidina Ali melalui Fatimah dikenal dengan Syarif atau Sayyid, yang merupakan gelar kehormatan dalam Bahasa Arab, Syarif berarti bangsawan dan Sayyed berarti tuan. Sebagai keturunan langsung dari Nabi Muhammad, mereka dihormati oleh Sunni dan Syi'ah. Menurut riwayat, Ali bin Abu Thalib r.a. memiliki 36 orang anak yang terdiri dari 18 anak laki-laki dan 18 anak perempuan. Sampai saat ini keturunan itu masih tersebar, dan dikenal dengan Alawiyin atau Alawiyah. Sampai saat ini keturunan Ali bin Abu Thalib r.a kerap digelari Sayyid.

11. Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru Sahabat Ali bin Abi Thalib RA dapat dilihat DI SINIdan chart silsilah sanad murid beliau dapat dilihat DI SINI.

12. Referensi

Dikumpulkan dari berbagai sumber


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 08 September 2021, dan terakhir diedit tanggal 26 Agustus 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya