Pemuda Yahudi Modern yang Terinspirasi Masuk Islam

 
Pemuda Yahudi Modern yang Terinspirasi Masuk Islam
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Namanya adalah Jad. Ia adalah seorang bocah berusia 7 tahun di era tahun 40-an. Tinggal bersama keluarganya di salah satu apartemen pada sebuah kota di Prancis. Ia terlahir dari keluarga Yahudi yang taat dan berpendidikan tinggi. Ibunya adalah salah seorang profesor di universitas terkemuka di Perancis kala itu.

Di salah satu sudut lantai dasar apartemen tersebut, ada sebuah toko kecil "serba ada" yang menjadi tempat bagi warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari, termasuk keluarga Jad. Toko itu milik seorang berkebangsaan Turki, namanya Ibrahim, berumur 67 tahun. Seorang yang sangat sederhana dan bukan dari kalangan berpendidikan tinggi.

Jad kecil hampir setiap hari berbelanja di toko ini. Bila berbelanja, selalu, tanpa sepengetahuan Ibrahim, setidaknya begitu persangkaannya , diam-diam ia mengambil sebuah permen coklat. Sampai suatu hari ia lupa mengambil (maaf: mencuri) coklat tersebut.

Ketika melangkah meninggalkan toko, Ibrahim memanggilnya dan berkata, "Jad, kamu lupa sesuatu, Nak." Jad kecil memeriksa belanjannya. Tetapi, tidak menemukan sesuatu yang terlupakan.

"Bukan itu," kata Ibrahim.

"Ini...," imbuh Ibrahim, sambil memegang coklat yang biasa diambil Jad. Tentu saja Jad kaget dan ketakutan. Takut bila Ibrahim menyampaikan "hal memalukan" tersebut ke orang tuanya. Reaksinya, bengong dan pucat.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN