Status Buah dari Pohon Tanah yang Disewakan Menurut Hukum Islam

 
Status Buah dari Pohon Tanah yang Disewakan Menurut Hukum Islam

PERTANYAAN :
Assalamualaikum. Maaf nanya : jika kita menyewa tanah dan rumah / ngontrak. Ada pohon mangganya, buah mangga ini milik yang punya rumah atau penyewa / pengontrak ? Mohon ta'birnya sekalian. 

JAWABAN :
Wa'alaikumussalam. Buah pohon tersebut milik yang punya tanah, itu tetap milik empunya tanah dan rumah. Qiyasnya, menyewakan kerbau betina yang sedang bunting (hamil) kepada seseorang untuk membajak sawah umpamanya. Manfaat dari kerbau ini yang menjadi milik penyewa adalah bajak tanah, sementara hasil dari kerbau itu sendiri (anak)-nya tetap milik empunya kerbau. 

Manfaat rumah yang disewa adalah untuk ditempati, termasuk isi rumahnya seperti sumur kalau memang ada. Jadi, sumur sudah satu paket dengan rumahnya. Adapun pohon durian dan buahnya yang terletak di belakang rumah sewaan itu (contoh), ya jelas tidak satu paket dengan rumahnya. Buktinya, kalau empunya rumah tidak memasukkan pohon durian satu paket dengan rumah sewanya, maka manfaat rumah sewa itu tetap bisa dinikmati secara utuh oleh penyewa. 

Disamping itu, manfaat rumah yang disewa dengan manfaat pohon durian itu jelas tidak satu paket, sehingga bila yang disewa itu rumah, maka berarti yang dinikmati oleh penyewa hanyalah manfaat rumah, bukan sekaligus manfaat pohon durian tersebut. Sebaliknya, jika yang disewa itu adalah pohon durian saja yang di belakang rumah sewaan, maka yang dinikmati oleh penyewa hanya manfaat dari pohon tersebut, bukan manfaat rumah sekaligus. Begitu juga halnya dengan binatang peliharaan milik empunya yang ada di dalam rumah itu seperti burung, ikan hias atau kucing. Dan hal ini akan berbeda dengan toilet, teras, kamar dan semacamnya yang disewakan satu paket dengan rumah. Wallahua'lam. 

- I'anatut Tholibin :

فصل في بيع الاصول والثمار (يدخل في بيع أرض) وهبتها ووقفها، والوصية بها مطلقا، لا في رهنها والاقرار بها (ما فيها) من بناء وشجر رطب وثمره الذي لم يظهر عند البيع، وأصول بقل تجز مرة بعد أخرى، كقثاء، وبطيخ، لا ما يوءخذ دفعة، كبر وفجل لانه ليس للدوام والثبات، فهو كالمنقولات في الدار. (و) يدخل (في) بيع (بستان)، وقرية

فصل في بيع الأصول والثمار أي في بيان بيع الأمور التي تستتبع غيرها، وهي الشجر، والأرض، والدار، والبستان، والقرية.

فالمعقود عليه إذا

كان واحدا من هذه الأمور - يندرج في غيره - كما وضحه الشارح رحمه الله تعالى.

وقوله: والثمار: أي وبيع الثمار جمع ثمر جمع ثمرة، وهي ليست من الأصول، فالعطف مغاير.

(قوله: يدخل في بيع أرض وهبتها إلخ) أي ونحوها من كل ناقل للملك: كإصداق، وعوض خلع وصلح. ولو قال في نحو بيع أرض، لكان أولى.

(قوله: والوصية بها) أي بالأرض. قال ع ش: وعليه فلو أوصى له بأرض، وفيها بناء وشجر حال الوصية: دخلا في الأرض - بخلاف ما لو حدثا أو أحدهما بغير فعل من المالك - كما لو ألقى السيل بذرا في الأرض فنبت، فمات الموصي وهو موجود في الأرض - لأنهما حادثان بعد الوصية، فلم تشملهما فيختص بهما الوارث. اه.

(وقوله: مطلقا) راجع لجميع ما قبله من البيع وما بعده. والمراد بالإطلاق: عدم التقييد بإدخال وإخراج، فإن قيد بالأول - بأن قال بعتك الأرض بما فيها - دخل نصا، لا تبعا. أو قيد بالثاني - بأن قال بعتك الأرض دون حقوقها، أو ما فيها - لم يدخل.

(قوله: لا في رهنها والإقرار بها) أي لا يدخل في رهن الأرض والإقرار بها ما فيها. ومثل الرهن: كل ما لا ينقل الملك: كإجارة، وعارية.


Sumber: Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah