Shalat di Masjidil Haram Boleh Dilakukan Kapan Saja

 
Shalat di Masjidil Haram Boleh Dilakukan Kapan Saja
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Keutamaan shalat di Masjidil Haram dilipatkan 100.000 (seratus ribu) kali dibandingkan shalat di masjid lain. Selain itu, shalat di masjid ini bisa dilaksanakan kapan saja. Artinya tidak ada waktu yang diharamkan untuk melaksanakan shalat di Masjidil Haram. Berbeda dengan tempat lainnya, yang terdapat waktu haram untuk melaksanakan shalat, misalnya shalat sunnah setelah Ashar. Jika seseorang melakukan shalat sunnah setelah shalat Ashar itu di Masjidil Haram, maka hal itu tidak dilarang. Jadi tidak ada waktu yang terlarang untuk shalat di Masjidil Haram. 

Keterangan tersebut sebagaimana disebutkan di dalam Hadis berikut ini: 

ﻭَﻋَﻦْ ﺟُﺒَﻴْﺮ ﺑﻦ ﻣُﻄْﻌِﻢٍ - ﺭَﺿِﻲَ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ - ﻗَﺎﻝ: ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮْﻝ اﻟﻠﻪ - ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠﻪ ﻋَﻠَﻴْﻪ ﻭﺳَﻠَّﻢ: (ﻳَﺎ ﺑَﻨِﻲْ ﻋَﺒْﺪِ ﻣَﻨَﺎﻑ، ﻻَ ﺗَﻤْﻨَﻌُﻮْا ﺃَﺣَﺪًا ﻃَﺎﻑَ ﺑِﻬَﺬَا اﻟْﺒَﻴْﺖِ ﻭَﺻَﻠَّﻰ ﺃَﻳَّﺔَ ﺳَﺎﻋَﺔٍ ﺷَﺎءَ ﻣِﻦْ ﻟَﻴْﻞٍ ﻭَﻧَﻬَﺎﺭٍ) ﺭﻭاﻩ اﻟﺨﻤﺴﺔ، ﻭﺻﺤﺤﻪ اﻟﺘﺮﻣﺬﻱ، ﻭاﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ

"Dari Jubair bin Muth'im r.a, bahwa Rasulullah SAW bersabda: 'Wahai Bani Abdi Manaf, jangan kalian halangi seseorang yang thawaf di Baitullah ini shalat, pada waktu kapan saja ia mau, malam atau siang.'"

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN