Hebat, Oleh-oleh Ciptaan Mahasiswa IPB Sabet Dua Juara Sekaligus

 
Hebat, Oleh-oleh Ciptaan Mahasiswa IPB Sabet Dua Juara Sekaligus

LADUNI.ID,BOGOR - Tiga mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil menyabet dua juara dalam kompetisi Business Plan Competition di Universitas Negeri Padang (UNP). Lomba yang bertajuk Gebyar Wirausaha Mahasiswa itu berlangsung dari tanggal 10 hingga 13 Oktober 2018 lalu. Selain meraih Juara Dua,  tim ‘Milk Cake Bogor Arjuna’ ini juga mendapatkan predikat Best Poster. 

Ketiga Mahasiswa yang tergabung dalam tim ‘Milk Cake Bogor Arjuna ini adalah Audhi Aprilliant (Departemen Statistika), Rhavif Budiman (Departemen Teknik Mesin dan Biosistem) dan M. Arif Ilyanto (Departemen Ilmu Ekonomi Syariah). 
 
“Saya optimis bisa memenangkan lomba ini, karena selain sudah mempersiapkannya  dengan baik, kami juga mengusung misi kebermanfaatan terhadap sesama,” kata salah satu anggota tim Rhavif sebagaiaman dilansir laman resmi IPB Selasa (6/11)

Menurut mereka, tingginya angka wisatawan di Bogor menjadi peluang bisnis terutama bisnis oleh-oleh makanan. Oleh-oleh buatan Mahasiswa IPB tersebut berupa kue yang diberi nama ‘Milk Cake Bogor Arjuna’. Oleh-oleh buatan Mahasiswa IPB tersebut menyertakan hasil panen petani lokal seperti ubi talas, pisang dan nanas. 

“Oleh-oleh ini berupa kue yang kami beri nama ‘Milk Cake Bogor Arjuna’. Bahan utamanya memang keju dan susu, akan tetapi kami tidak lupa untuk menyertakan hasil petani lokal yakni talas, manggis, pisang dan nanas,” tutur Audhi selaku Ketua Tim. 

Mereka mengusung empat bahan alami khas Bogor tersebut karena dinilai pemanfaatannya yang masih perlu ditingkatkan. Selain itu, keberadaan kue tersebut diharapkan dapat mempromosikan potensi serta kearifan lokal Bogor.

Meski jajanan kue kekinian sudah menjamur di pasaran, mereka tetap yakin jika bisnisnya dikembangkan nantinya akan bersinar.  Hal tersebut didasari oleh beberapa keunggulan yang mereka tawarkan yaitu tanpa bahan pengawet dan perwarna buatan. Selain itu mereka juga mengklaim jika oleh-oleh buatan mereka tampilannya unik, memiliki cita rasa yang khas dan mengajak pembeli untuk turut serta memberdayakan petani lokal khususnya petani yang berada di wilayah Bogor.