Selamat Datang Penduduk Bumi ke Planet Mars

 
Selamat Datang Penduduk Bumi ke Planet Mars

 

LADUNI.ID, IPTEK- Perjuangan enam bulan lalu, tepatnya 5 Mei 2018, NASA meluncurkan robot geologinya yang bernama InSight ke Mars. Perjalanan robot yang nantinya bertugas meneliti isi perut Mars, akhirnya berjalan sesuai rencana dan ia mendarat mulus di planet merah, kemarin (26/11/2018). Diberitakan Live Science, Senin (26/11/2018), InSight mencapai atmosfer Mars dengan kecepatan 12.300 mph (19.795 km/jam).

Setelah NASA mengkonfirmasi bahwa InSight dalam kondisi normal, tim mulai menyebarkan seismometer (SEIS) yang akan mengukur marsquakes.

 Segera setelah instrumen SEIS dipasang, InSight akan mengatur probe panas HP3, yang akan mengukur suhu Mars.

 "Ini seperti kue. Anda memanggang kue, dan ketika Anda mengambilnya dari oven dan telah mendinginkannya, bagian dalam kue masih panas," kata Green memberi gambaran.

 "Semua planet telah mendingin ketika mereka tercipta 4,5 miliar tahun yang lalu, namun tidak bagian dalamnya. Suhu panas Mars muncul melalui mantel dan kerak planet, hal inilah yang nantinya diukur oleh HP3," sambungnya.

Pembaruan dari InSight akan dipancarkan melalui sinyal radio frekuensi ultra tinggi (UHF) ke satelit yang mengorbit, yang akan menyimpan data di dalamnya dan meneruskannya ke Bumi. Namun, masih ada beberapa minggu untuk InSight menyiapkan semuanya. Setidaknya butuh waktu hingga 2019 untuk melakukan misi sesungguhnya.

"Pada Maret nanti, saya akan mengatakan, kami berada dalam mode platform untuk melakukan misi, mendengarkan gempa dan juga mengukur panas planet merah," kata Green.

Kata Green di bulan Mei saat InSight diluncurkan, dengan mengetahui suhu di Mars sepanjang hari, maka kita dapat mencari cara untuk mengakali agar manusia dapat hidup dan bekerja di Mars dengan situasi tersebut. Setidaknya sebagai persiapan mengirim manusia ke Mars.

Sumber: KOMPAS.com -