Hubungan Cina dan AS yang Terus Menegang, Mungkin Berbuah Konflik Meluas dan Tak Terbayangkan

 
Hubungan Cina dan AS yang Terus Menegang, Mungkin Berbuah Konflik Meluas dan Tak Terbayangkan

LADUNI.ID.ID,INTERNASIONAL- Duta Besar Cina untuk Amerika, Cui Tiankai mengatakan, Beijing berharap dapat mencapai kesepakatan dengan AS di pertemuan G20 pekan ini. Kesepakatan tersebut terkait perang dagang di antara kedua negara.

Cui memperingatkan konsekuensi mengerikan jika sejumlah pejabat Amerika Serikat (AS) mencoba untuk memisahkan dua perekonomian terbesar di dunia.

Menurut Cui, Cina dan AS harus berbagi tanggung jawab untuk berkerja sama dalam kepentingan ekonomi global. Ia menarik sejarah perang dagang pada 1930-an yang terjadi di antara negara-negara industri saat itu.

Perang dagang membuat perekonomian global runtuh dan meningkatkan ketegangan beberapa tahun sebelum Perang Dunia II.

"Pelajaran sejarah masih ada, selama satu abad terakhir kita memiliki dua perang dunia dan di antaranya ada Depresi Besar, saya pikir tidak ada orang yang harusnya mengulang sejarah, hal seperti itu harusnya tidak terjadi lagi, jadi semua orang harus bertindak dengan cara yang bertanggungjawab," kata Ciu, Rabu (28/11).

Saat ini hubungan Cina dan AS sedang menegang. Kedua belah pihak saling serang dengan menaikan tarif impor komoditas masing-masing yang bernilai jutaan dolar AS.

Cui mengatakan kemungkinan ketegangan antara AS dengan Cina berbuah konflik yang luas dan 'tidak dapat dibayangkan'. Kedua negara tersebut harus mengerahkan seluruh kemampuan mereka untuk mencegah hal itu terjadi.

sumber: republika.co.id