Orangtua Dilarang Menggunakan Ponsel saat Menjemput dan Mengantar Anak

 
Orangtua Dilarang Menggunakan Ponsel saat Menjemput dan Mengantar Anak

 

LADUNI.ID,KELUARGAMenjemput anak sekolah sambil bermain ponsel? Hati-hati, telepon genggam orangtua akan disita oleh pihak sekolah. Peraturan ini dibuat bukan untuk menakuti semata.

Peraturan penyitaan bila orangtua menggunakan ponsel di sekolah untuk memberi kesadaran orangtua agar orangtua berani menyingkirkan handphone dan bersiaplah mendengarkan cerita anak selama belajar di sekolah.

Sayangnya peraturan ini belum berlaku di Indonesia, melainkan di Chicago, Amerika Serikat. Cerita ini disampaikan, Katharine Stahl, seperti dikutip dari Popsugar saat ia membagikan pengalamannya menghadiri orientasi orangtua anaknya yang masih TK.

Prasekolah tempat anaknya menimba ilmu membuat peraturan baru yang mengejutkan. Bukan tentang peraturan tidak boleh membawa mainan dari rumah, memakai popok sekali pakai atau dilarang menunggu anak sepanjang pelajaran.

Peraturannya, orangtua tidak diizinkan menggunakan ponsel sedikitpun saat mereka mengantar atau menjemput. Jika ketahuan akan ditegur untuk segera menyimpan telepon. Jika pelanggaran berulang, orangtua diminta menyerahkan ponsel selama berada di dalam gedung sekolah.

Beberapa orangtua, termasuk Katherine, awalnya tersinggung dengan peraturan tersebut. Namun, setelah mendengarkan penjelasan kepala sekolah, peraturan tersebut dibuat tak lain untuk kepentingan perkembangan anak.

”Orangtua memiliki beberapa waktu bersama anak, kebanyakan setelah itu sekolah yang berhubungan dengan anak. Ketika mereka keluar dari ruang kelas mereka, anak ingin menceritakan tentang karya yang mereka buat, permainan yang mereka mainkan, teman-teman mereka,” tulis Katherine menguraikan alasan peraturan itu dibuat.

”Jika fokus pada ponsel, orangtua tidak akan mendapat cerita apa-apa lagi dari mereka. Karena, setelah jeda beberapa menit setelah pulang sekolah, fokus mereka pada hal lain, seperti makan dan sebagainya,” lanjutnya.

Dilansir dari laman forum Sahabat Keluarga Kemendikbud, aturan ’tanpa ponsel itu tentu saja menjadi pengingat betapa singkat waktu orangtua bersama anak-anak.

Tak hanya itu, orangtua juga harus menyadari betapa sedikit momen untuk terhubung dengan anak tentang hal-hal penting, seperti belajar alfabet atau mengembangkat sebuah persahabatan.

Jadi, tak ada yang alasan lain untuk segera menyingkirkan ponsel genggam saat bersama anak. Ajaklah anak bermain dan dengarkan ceritanya.

SUMBER:Kompas.com