11 Hasil Rumusan Muktamar Pemikiran NU ke-2 Tahun 2023

 
11 Hasil Rumusan Muktamar Pemikiran NU ke-2 Tahun 2023
Sumber Gambar: Lakpesdam PBNU

Laduni.ID, Jakarta - Muktamar pemikiran NU ke-2 resmi ditutup oleh Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ulil Abshar Abdalla, acara yang berlangsung sejak Jumat (1/12/2023) di asrama haji Pondok Gede, Jakarta ini menghasilkan 11 rumusan.
Berikut ini rincian 11 pokok-pokok pikiran yang dihasilkan dalam Muktamar Pemikiran NU 2023

  1. Muktamar ini tidak punya pretensi politik untuk terlibat dalam politik dukung-mendukung dalam konteks Pemilu 2024. Gejala dukung-mendukung yang terlalu menguasai percakapan publik menjelang Pemilu 2024 saat ini justru kurang sehat. Perhatian publik terhadap platform yang dibawa oleh masing-masing kandidat cenderung minimal.
     
  2. Muktamar ini dengan sengaja disebut sebagai “muktamar pemikiran” karena kami sadar bahwa aspek pemikiran inilah yang kurang mendapatkan porsi cukup dalam percakapan publik saat ini. Percakapan publik hari-hari ini kerap dilakukan secara instan, emosional, cepat tetapi sekaligus dangkal di ruang-ruang media sosial.
     
  3. Perlunya terus mengusahakan adanya ruang percakapan yang lebih mendalam dan serius tentang pelbagai masalah yang dihadapi oleh bangsa ini, di tengah-tengah pendangkalan komunikasi dan pemiskinan ide karena munculnya komunikasi baru melalui media sosial.
     
  4. Perlunya membawa kembali tema tentang “masyarakat” ke tengah-tengah percakapan publik, melihat adanya tantangan-tantangan, bahkan ancaman terhadap lembaga masyarakat itu sendiri, termasuk lembaga keluarga.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN