Pakai Kaos Kaki Bikin Tidur Lebih Nyenyak, Apa Alasannya?

 
Pakai Kaos Kaki Bikin Tidur Lebih Nyenyak, Apa Alasannya?

 

LADUNI.ID,EDUKASI – Tidur sangatlah penting untuk mengistirahatkan organ-organ tubuh yang telah bekerja seharian penuh sehingga kita akan segar kembali keesokan harinya.

Namun sayang tidak semua orang bisa tidur dengan nyenyak, entah karena stres atau karena kondisi kamar tidur yang tidak nyaman.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, umumnya kita bisa membuat kamar tidur kita menjadi sejuk, gelap, dan tenang. Selain itu, salah satu cara lain adalah menggunakan kaos kaki ketika tidur.

Menurut National Sleep Foundation, menjaga kaki tetap hangat ketika tidur akan membuat tidur kita lebih nyenyak.

Ketika kaki kita kedinginan, pembuluh darah akan mengerut dan menyebabkan semakin sedikit aliran darah yang tersirkulasi. Kondisi tersebut membuat tidur kita di malam hari menjadi kurang nyenyak.

Suhu tubuh rata-rata orang adalah 98,6 derajat Fahrenheit atau 37 derajat Celcius. Namun, suhu tubuh tersebut bisa berubah-ubah dalam sehari.

Suhu tubuh seseorang dipengaruhi oleh ritme sirkadian yang membantu menjaga pola tidur dari tidur di malam hari hingga bangun di pagi hari.

Di siang hari, suhu tubuh perlahan meningkat dan mencapai puncaknya di sore hari ketika orang-orang terjaga.

Selama waktu tidur di malam hari, suhu tubuh menurun dan mengakibatkan munculnya rasa kantuk.

Ketika kita tertidur, suhu tubuh akan turun 1 atau 2 derajat. Kondisi tersebut merupakan sinyal bahwa tubuh mulai menghemat energi untuk menjalankan fungsi-fungsi tubuh.

Ketika kita tidur menggunakan kaos kaki, suhu tubuh kita akan cenderung lebih stabil.

Namun, alasan pentingnya menggunakan kaos kaki saat tidur ternyata tidak hanya itu. Ada beberapa manfaat lainnya yang juga bisa kita dapatkan.

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Buruknya sirkulasi darah pada kaki akan menyebabkan pembengkakan pada urat, sakit kaki dan membuat kaki menjadi dingin. Menggunakan kaos kaki di malam hari akan meningkatkan sirkulasi darah karena kaki akan terjaga pada suhu hangat.

 2. Mencegah semburan panas (hot flash)

Wanita pada usia menopause akan mengalami fase rasa panas pada kaki yang kemudian akan menyebabkan rambatan rasa hangat ke dalam tubuh, berkeringat, jantung berdebar, dan lainnya.

Menggunakan kaos kaki di malam hari akan menjaga suhu tubuh tetap rendah dan sejuk, sehingga terhindar dari gejala-gejala semburan panas.

3. Seks lebih baik

Pasangan yang menggunakan kaos kaki di malam hari akan mengalami performa seks yang lebih baik dan cenderung lebih mudah mengalami orgasme, menurut para peneliti dari University of Groningen.

4. Mengurangi gejala penyakit Raynaud

Salah satu gejala penyakit Raynaud adalah tangan dan kaki yang menjadi sangat dingin. Hal ini akan berdampak pada pembuluh darah pada kulit dan berkurangnya aliran darah ke tangan dan kaki sehingga menyebabkan kesemutan.

Menggunakan kaos kaki bisa mengurangi gejala tersebut dan menjaga kaki tetap hangat.

Jenis kaos kaki

Kamu mungkin bertanya-tanya, jenis kaos kaki seperti apa yang bisa optimal mengurangi gejala-gejala masalah tersebut dan membuat tidur lebih nyenyak.

Pilihlah kaos kaki yang terbuat dari bahan lembut dan natural, seperti Kashmir, wol atau katun.

Pastikan kaos kaki yang kamu gunakan tidak ketat karena justru dapat mereduksi sirkulasi darah dan mengganggu proses penghangatan kaki. Jangan lupa untuk memilih kaos kaki yang lembut dan nyaman digunakan.

SUMBER:Kompas.com