Arab Saudi Diduga Persenjatai Al-Qaeda

 
Arab Saudi Diduga Persenjatai Al-Qaeda

LADUNI.ID, Jakarta - Arab Saudi bersama sekutu-sekutunya diduga telah memberikan sejumlah besar senjata kepada kelompok militan yang terhubung dengan Al-Qaeda di Yaman. Dugaan pemberian senjata buatan AS kepada kelompok teroris di Yaman ini akan mencederai persutujuan jual-beli senjata antara Saudi dan AS.

Hal ini berdasarkan atas laporan eksklusif CNN, Petugas Departemen Pertahanan AS telah mengonfirmasi bahwa Washington akan segera melakukan investigasi terkait isu tersebut.

Pada waktu sebelumnya, CNN juga telah melaporkan bahwa kelompok HAM Yaman, Mwatana, menemukan beberapa fragmen bom buatan AS di beberapa lokasi serangan di Yaman.

Sekitar bulan Desember 2018 yang lalu, Senat AS telah membuat resolusi agar militer AS berhenti memberikan dukungan kepada koalisi pimpinan Arab Saudi di Yaman.

Menurutnya, Yaman saat ini telah terjebak dalam pusaran konflik antara pemerintah Yaman pimpinan Abd Rabbuh Mansur Hadi dengan kelompok Houthi. Atas permintaan Mansur Hadi, pasukan koalisi Saudi pun ikut melibatkan dirinya dalam konflik tersebut sejak Maret 2015.

Kendati demikian, hingga saat ini, agresi militer yang dilakukan Arab Saudi di Yaman tak kunjung membuahkan hasil dan justru banyak menelan korban jiwa, serta menyebabkan terjadinya krisis kemanusiaan.