Macam-macam Najis dan Cara Menyucikannya

 
Macam-macam Najis dan Cara Menyucikannya
Sumber Gambar: Pexels / Cottonbro / Laduniid

Laduni.ID, Jakarta  - Secara bahasa, najis berarti segala sesuatu yang dianggap kotor meskipun suci. Bila berdasarkan arti harfiah ini maka apa pun yang dianggap kotor masuk dalam kategori barang najis, seperti ingus, air ludah, air sperma dan lain sebagainya.

Sedangkan secara istilah ilmu fiqih najis adalah segala sesuatu yang dianggap kotor yang menjadikan tidak sahnya ibadah shalat.

Tiga Kategori Najis

Syekh Salim bin Sumair Al-Hadlrami dalam kitabnya Safiinatun Najaa, terdapat tiga kategori najis di dalam ilmu fiqih. Ketiganya adalah,

  1. Najis Mukhaffafah
  2. Najis Mutawssithah
  3. Najis Mughalladhah

Hal ini sebagaimana tertulis sebagai berikut.

فصل النجاسات ثلاث: مغلظة ومخففة ومتوسطةالمغلظة نجاسة الكلب والخنزير وفرع احدهما والمخففة بول الصبي الذي لم يطعم غير اللبن ولم يبلغ الحولين والمتوسطة سائر النجاسات

Artinya: “Fashal, najis ada tiga macam: mughalladhah, mukhaffafah, dan mutawassithah.Najis mughalladhah adalah najisnya anjing dan babi beserta anakan salah satu dari keduanya. Najis mukhaffafah adalah najis air kencingnya bayi laki-laki yang belum makan selain air susu ibu dan belum sampai usia dua tahun. Sedangkan najis mutawassithah adalah najis-najis lainnya.”

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN