Memahami Pesan di Balik Nasehat Ulama Sang Warisatul Ambiya

 
Memahami Pesan di Balik Nasehat Ulama Sang Warisatul Ambiya

 

LADUNI. ID, KOLOM- Islam sangat menghormati para ulama. Sosok ulama itu merupakan umat pilihan untuk menyampaikan risalah yang telah disampaikan Rasulullah saw. Para ulama sebagai pewaris nabi. Tentu saja yang diwarisi itu bukanlah harta ataupun tahta, melainkankan ilmu.

Sebagaimana disebutkan Abu ad-Darda’. Beliau berkata, aku pernah mendengar Rasulullah bersabda, “Dan sesungghnya para ulama itu adalah pewaris para nabi. Dan sesungguhnya para nabi itu tidak mewariskan uang dinar dan tidak juga dirham. Mereka itu hanya mewariskan ilmu, maka barangsiapa yang mengambilnya maka ia telah mengambil peruntungan yang sangat banyak”. (HR. Abu Dawud, no: 3641, 3642, aT-Turmudzi, no: 2683)

Dalam kesempatan yang lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan hal ini dalam sabdanya yang diriwayatkan Abdullah bin ‘Amr ibnul ‘Ash, Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,: “Sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’alatidak mencabut ilmu dengan mencabutnya dari hamba-hamba. Akan tetapi Dia mencabutnya dengan diwafatkannya para ulama sehingga jika Allah tidak menyisakan seorang alim pun, maka orang-orang mengangkat pemimpin dari kalangan orang-orang bodoh. Kemudian mereka ditanya, mereka pun berfatwa tanpa dasar ilmu. Mereka sesat dan menyesatkan.” 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN