Hukum Minyak Goreng Kemasukan Bangkai Tikus

 
Hukum Minyak Goreng Kemasukan Bangkai Tikus
Sumber Gambar: Alexas_Fotos /Pixabay /Laduniid

Laduni.ID, Jakarta - Minyak merupakan salah satu bahan pokok yang diperlukan oleh setiap keluarga dalam kesehariannya seperti untuk memasak, menggoreng dan yang lain sebagainya. Namun bagaimanakah hukumnya jika minyak tersebut kemasukan bangkai tikus.?

Menurut satu qaul, minyak yang terkena najis dapat disucikan dengan catatatn najis tersebut tidak cair seperti air kencing dan apabila najisnya tidak cair maka tidak dapat disucikan, adapun cara mensucikannya sebagaimana yang telah termaktub dalam I’anah sebagai berikut ini.

وقال في النهاية وقيل يطهر الدهن بغسله بأن يصب الماء عليه ويكاثره ثم يحركه بخشبة ونحوها بحيث يظن وصوله لجميع ثم يترك ليعلو ثم يثقب أسفله فإذا خرج الماء سد ومحل الخلاف بما ﻻدهنية فيه كالبول والا لم يطهر بلاخلاف.

Minyak bisa di sucikan dengan mencucinya, yaitu dengan menambahkan air pada minyak itu dan memperbanyaknya, kemudian mengaduk-aduknya dengan seumpama kayu sampai kira-kira semua minyak tersebut terkena air. Kemudian di diamkan sebentar agar naik dan dilubangi bawahnya untuk membuang air. Kemudian buang airnya jika telah keluar lubang ditutup lagi. Ini jika najis yang mengenai minyak tersebut bukan najis cair. Tapi jika yang mengenainya najis cair maka minyak tidak dapat di sucikan.

Sementara menurut keterangan dalam kitab fiqih Hanafi al-Bahr ar-Roiq : Minyak yang najis bisa disucikan dengan membasuh 3 kali, caranya dengan menyiramkan air ke minyak tersebut sehingga minyak ke atas, seperti ini dilakukan 3 kali.

Tambahan ibaroh dari majmu' :

الرابعة: الدهن النجس ضربان، ضرب نجس العين كودك الميتة فلا يجوز بيعه بلا خلاف، ولا يطهر بالغسل والضرب الثاني: متنجس بالمجاورة كالزيت والشيرج والسمن ودهن الحيوان وغيره، فهذا كله هل يطهر بالغسل؟ فيه وجهان مشهوران

أحدهما: يطهر كله والثاني: لا يطهر، ودليلهما في الكتاب، وفي المسألة وجه ثالث أنه يطهر الزيت ونحوه، ولا يطهر السمن، وممن ذكر هذا الوجه القاضي أبو الطيب والروياني وهو شاذ، والصحيح عند الأصحاب أنه لا يطهر شيء من الأدهان بالغسل وهو ظاهر نص الشافعي، وبه قال أبو علي الطبري، قال صاحب «الحاوي» وهو مذهب الشافعي وجمهور أصحابه

Namun, menurut madzhab hambali tidak bisa disucikan, mereka berpedoman pada hadis riwayat Abu Dawud yang menyuruh membuang minyak yang kejatuhan bangkai tikus. Kitab Syarah Ghoyatul Muntaha :

وَلا يَطْهُرُ (بِغَسْلِ دُهْنٍ تَنَجَّسَ) لأَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ [سُئِلَ عَنْ السَّمْنِ تَقَعُ فِيهِ الْفَأْرَةُ, فَقَالَ: إنْ كَانَ مَائِعًا فَلا تَقْرَبُوهُ] رَوَاهُ أَبُو دَاوُد. وَلَوْ أَمْكَنَ تَطَهُّرُهُ لَمَا أَمَرَ بِإِرَاقَتِهِ.

Imam Bukhari meriwayatkan sebuah hadis dalam kitab Shahihnya:

حدثنا عبد العزيز بن عبد الله حدثنا مالك عن ابن شهاب عن عبيد الله بن عبد الله عن ابن عباس عن ميمونة رضي الله عنهم قالت سئل النبي صلى الله عليه وسلم عن فأرة سقطت في سمن فقال ألقوها وما حولها وكلوه

Dari Ibnu Abbas, dari Maimunah Radhiyallaahu 'anhum, berkata: Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam ditanya tentang tikus yang jatuh di dalam samin, maka beliau bersabda: "Buanglah tikus dan sekitarnya, dan makanlah samin

Dalam Fat-hul Bari, al Hafizh Ibnu Hajar menjelaskan:

واستدل بهذا الحديث لإحدى الروايتين عن أحمد أن المائع إذا حلت فيه النجاسة لا ينجس إلا بالتغير ، وهو اختيار البخاري وقول ابن نافع من المالكية وحكي عن مالك ، وقد أخرج أحمد عن إسماعيل بن علية عن عمارة بن أبي حفصة عن عكرمة " أن ابن عباس سئل عن فأرة ماتت في سمن قال : تؤخذ الفأرة وما حولها ، فقلت إن أثرها كان في السمن كله ، قال إنما كان وهي حية وإنما ماتت حيث وجدت " ورجاله رجال الصحيح .

Sebenarnya ada riwayat di Sunan Tirmidzi yang membedakan, yaitu:

إذا كان جامدا فألقوها وما حولها وإن كان مائعا فلا تقربوه

Namun hadis tersebut dinilai wahm oleh Imam Bukhari, sebagaimana dikutip al hafizh Ibnu Hajar dalam Bulughul Maram:

Kesimpulan dari uraian di atas adalah apabila minyaknya dalam keadaan cair maka akan menjadi najis, tetapi jika minyaknya dalam keadaan beku maka cukup diciduk dibagian yang dekat dengan bangkai tikusnya saja dan sebagian minyaknya tidak najis. Wallahu A’lam Bishowab

Sumber: Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah