Surga dan Neraka di Alam Kubur

 
Surga dan Neraka di Alam Kubur

Bab kedua tentang ucapan kuburan setelah dimasuki

الباب الثاني: في كلام القبر عند نزوله إليه خرج الترمذي من حديث عبيد الله بن الوليد الوصافي عن عطية، عن أبي سعيد قال دخل رسول الله صلى الله عليه وسلم مصلاه فرأى أناسا كأنهم يكتشرون أو يضحكون فقال: أما إنكم لو أكثرتم من ذكر هاذم اللذات لأشغلكم عما أرى: الموت فأكثروا ذكر هاذم اللذات فإنه لم يأت يوم على القبر إلا يتكلم فيه فيقول أنا بيت الغربة أنا بيت الوحدة أنا بيت التراب أنا بيت الدود

Imam Tirmidzi menerbitkan dari haditsnya Ubaidillah bin Al Walid Al Washofi dari 'Athiyyah dari Abi Sa'id berkata, Rasululloh shollallohu alaihi wasallam memasuki tempat sholatnya lalu melihat banyak orang yang bersendagurau dan tertawa-tawa.

Beliau bersabda : "adapun kalian jikalau memperbanyak mengingat kematian, maka kalaian akan tersibukkan dari hal yang kulihat ini. perbanyaklah mengingat kematian karena tidaklah satu hari mendatangi kuburan kecuali kubur berkata : ' aku adalah rumah perantauan, aku adalah rumah kesendirian, aku adalah rumah tanah dan aku adalah rumah cacing-cacing tanah."

فإذا دفن العبد المؤمن قال له القبر مرحبا وأهلا أما إن كنت لأحب من يمشي على ظهري فإذا وليتك اليوم وصرت إلي فسترى صنيعي بك فيتسع له مد بصره ويفتح له باب إلى الجنة وإذا دفن العبد الكافر أو الفاجر قال القبر لا أهلا ولا مرحبا أما إن كنت لأبغض من يمشي على ظهري فإذا وليتك اليوم وصرت إلي فسترى صنيعي بك". قال: " فيلتئم عليه القبر حتى تلتقي وتختلف أضلاعه".

Jika seorang hamba mukmin di kubur, kubur berkata kepadanya : "selamat datang, engkau adalah orang yang paling aku cintai yg berjalan diatas punggungku, sekarang aku menjadi pelindungmu dan engkau menjadi tanggung jawabku, engkau akan melihat apa yang aku perbuat kepadamu." lalu diluaskan kuburnya sejauh mata menadang dan dibukakan untuknya pintu menuju syurga.

Jika seorang hamba kafir atau durhaka di kubur, kubur berkata kepadanya : " tidak ada ucapan selamat untukmu, engkau adalah orang yang paling aku benci yang berjalan di atas punggungku. sekarang aku menguasaimu dan engkau menjadi tanggung jawabku, engkau akan melihat apa yang aku perbuat kepadamu." Beliau bersabda lagi :"kemudian alam kubur itu menghimpitnya hingga remuklah tulang rusuknya."

وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم بأصابعه، وأدخلها بعضها في جوف بعض. قال: " ويقيض له سبعين تنينا لو أن واحدا منهم نفخ على الأرض ما أنبتت شيئا ما بقيت الدنيا فتنهشه وتخدشه حتى يفضي به إلى الحساب". قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "القبر إما روضه من رياض الجنة أو حفره من حفر النار" وقال: هذا حديث غريب لا نعرفه إلا من هذا الوجه

Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda dengan menunjukkan jari jemarinya, beliau memasukkan jari yang satu pada kolong jari jemari lainnya. Beliau bersabda : "Dan Allah mengadakan 70 ular naga untuknya, yang seandainya salah satu darinya menyemburkan bisanya di bumi maka tidak tidak akan bisa menumbuhkan sesuatu selama dunia masih ada, lalu ular itu menggigitnya dan mengoyaknya hingga datangnya hari perhitungan amal / kiamat."

At-Tirmidzi berkata : Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda : "Kuburan itu ada kalanya merupakan salah satu taman dari taman-taman syurga atau salah satu jurang dari jurang-jurang neraka."  Dan At-Tirmidzi berkata : "ini hadits ghorib kami tidak mengenalnya kecuali dari jalur ini."

قلت الوصافي شيخ كوفي صالح أشغلته العبادة عن حفظ الحديث حتى وقعت المنكرات في حديثه وفي آخر حديثه هذا رويت عن أبي سعيد من وجه آخر موقوفة ومرفوعة وسنذكر فيما بعد إن شاء تعالى وباقي حديثه لا يعرف عن أبي سعيد عن النبي صلى الله عليه وسلم ولكن روي معناه من وجوه أخر.

Aku (Ibnu Rojab) katakan bahwa Al-washofi adalah seorang syeikh yang sholeh dari Kufi, ia tersibukkan dengan beribadah dari menghafal hadits hingga hadits-hadits mungkar ada dalam haditsnya. dan dalam akhir dari haditsnya ini diriwayatkan dari Abi Sa'id dari jalur lainnya secara mauquf dan marfu', dan kami akan menyebutkannya sesudah ini insya Allah ta'ala. Sedangkan hadits sisanya tidak dikenal dari Abi Sa'id dari Nabi shollallohu alaihi wasallam, tetapi diriwayatkan maknanya dari jalur lainnya. Wallohu a'lam.

Bersambung.....

 

Sumber: Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah