Ini 5 Manfaat Makan Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

 
Ini 5 Manfaat Makan Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

LADUNI.ID, Jakarta - Penelitian telah membuktikan bahwa kurma mengandung beragam zat gizi yang mampu menunjang kesehatan tubuh Anda. Seperti yang dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa manfaat kurma untuk kesehatan yang jarang diketahui.

1. Menjaga kesehatan saluran cerna

Kurma mengandung lebih dari 7 gram serat per 3,5 ons sajian. Studi menyebut, orang yang mengonsumsi 7 butir kurma setiap hari dalam durasi 21 hari mengalami buang air besar yang lebih lancar dan teratur.

2. Mencegah infeksi

Kurma mengandung antioksidan yang mampu menangkal dampak buruk radikal bebas dan menurunkan risiko terjadinya penyakit infeksi dan penyakit jantung. Bahkan, kandungan flavonoid ―salah satu antioksidan― yang ada di dalam kurma juga mampu mencegah peradangan dan berpotensi mencegah diabetes, Alzheimer, dan kanker.

3. Membantu proses persalinan normal

Beberapa penelitian yang telah dilakukan menyebut bahwa kurma memiliki potensi untuk meringankan proses persalinan. Disebutkan bahwa mengonsumsi kurma selama beberapa minggu terakhir kehamilan dapat meningkatkan dilatasi serviks dan menurunkan kebutuhan akan induksi persalinan.

Pada studi lain yang dilakukan pada 91 wanita hamil, tim peneliti menemukan bahwa responden yang mengonsumsi 70–76 gram kurma setiap hari mulai minggu 37 kehamilan akan mengalami proses persalinan yang lebih ringan daripada mereka yang tidak makan kurma.

4. Menurunkan risiko osteoporosis

Kurma mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, A, dan C; juga protein dan mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, potasium, magnesium, dan zink.

Semua zat tersebut membuat kurma mampu menunjang kesehatan tulang, yang pada akhirnya menurunkan risiko terjadinya oeteoporosis atau tulang keropos.

5. Melindungi ginjal

Kurma terbukti dapat menjaga kesehatan ginjal dengan melindungi organ tersebut dari racun dan obat yang berpotensi merusak.

Itulah beragam manfaat kurma yang jarang diketahui. Agar mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh, Anda bisa mengonsunsi kurma dengan porsi yang tapat.