Dampak bagi Huawei setelah Google Menangguhkan Bisnis Bersama

 
Dampak bagi Huawei setelah Google Menangguhkan Bisnis Bersama

LADUNI.ID, California - Sebagaimana diketahui, Google telah menangguhkan bisnis dengan Huawei. Hal ini terjadi setelah hampir sepekan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan sikapnya untuk membatasi bisnis perusahaan China di AS.

Penangguhan tersebut tentunya akan berdampak buruk terhadap kinerja Huawei. Para pengguna Huawei di luar China tidak akan mendapatkan pembaharuan sistem operasi Google termasuk aplikasi bawaannya, seperti Google Play Store dan Gmail, meskipun Huawei masih dapat mengakses versi open source Android. Namun, Google tidak akan memberikan dukungan teknis untuk versi lisensi open source dari Android atau layanan Google juga tidak akan berpartisipasi dalam usaha patungan atau kemitraan di masa depan. 

Selain itu, Google masih mengerjakan spesifik tentang layanannya serta detail lainnya seperti yang akan terus disediakan atau dihentikannya. Akan tetapi, para pengguna Huawei di China tidak akan terdampak pada kebijakan ini. Hal ini tentunya akan merugikan Huawei, karena berdasarkan riset dari Canalys, penjualan global Huawei mengalami kenaikan dan menggeser Apple dari posisi kedua.

Riset ini menunjukkan penjualan kuartal 1 2019. Mungkin dengan adanya penangguhan yang dilakukan Google terhadap bisnisnya Huawei, maka cita-cita Huawei menjadi nomor 1 harus tertunda.