Saham Hong Kong Sedikit Lebih Rendah Karena Perang Dagang Berlanjut

 
Saham Hong Kong Sedikit Lebih Rendah Karena Perang Dagang Berlanjut

LADUNI.ID, Pasar saham Hong Kong jatuh pada hari Selasa ketika Beijing dan Washington terlibat dalam perang kata-kata dan peringatan dalam perselisihan berkepanjangan mereka tentang perdagangan dan teknologi.

Pada penutupan, indeks Hang Seng turun 0,5% pada 26.761,52. Indeks Hang Seng China Enterprises turun 0,9%.

Sub-indeks dari saham energi pelacakan Hang Seng berkurang 0,2%, sementara sektor TI turun 2,1%, sektor keuangan berakhir 0,4% lebih rendah dan sektor properti kehilangan 0,1%.

Presiden AS Donald Trump, dalam kunjungan kenegaraan ke Inggris, diperkirakan akan memperingatkan tuan rumahnya pada hari Selasa bahwa kerja sama keamanan dengan Washington dapat dirugikan jika London memungkinkan Huawei China berperan dalam membangun bagian-bagian dari jaringan 5G, generasi berikutnya dari teknologi seluler.

Pemerintah AS pada hari Senin mengatakan bahwa China sedang mengejar "permainan menyalahkan" dalam pernyataan publik baru-baru ini dan laporan resmi akhir pekan yang salah mengartikan negosiasi perdagangan antara dua ekonomi terbesar dunia. Seorang juru bicara kementerian luar negeri Cina menolak pada hari Selasa.

Kementerian luar negeri China telah memperingatkan perusahaan yang beroperasi di Amerika Serikat bahwa mereka dapat menghadapi pelecehan dari lembaga penegak hukum A.S., media pemerintah melaporkan pada hari Selasa.

Sehari sebelumnya, Cina memperingatkan siswa dan akademisi tentang risiko yang terlibat dalam belajar di Amerika Serikat, menunjukkan batas durasi visa dan penolakan visa.

Pemenang teratas di Hang Seng adalah WH Group Ltd, yang naik 2,2%, sedangkan pecundang terbesar adalah CSPC Pharmaceutical Group Ltd, yang turun 3,8%.

Di sekitar kawasan itu, indeks saham MSCI Asia ex-Jepang melemah 0,3%, sementara indeks Nikkei Jepang ditutup datar.

Tiga penurunan persentase saham-H terbesar adalah New China Life Insurance Co Ltd, yang turun 4,5%, CSPC Pharmaceutical Group Ltd, yang turun 3,8% dan Sinopharm Group Co Ltd, turun sebesar 3%.

Sekitar 1,57 miliar saham indeks Hang Seng diperdagangkan. Volume yang diperdagangkan di sesi perdagangan sebelumnya adalah 1,77 miliar.

Sebagai penutup, saham-A China diperdagangkan dengan premi sebesar 27,51% di atas saham-H yang terdaftar di Hong Kong.

Baca Juga

1. Meksiko Menarik Garis Merah Pada Suaka Karena Risiko Tarif Trump Naik

2. Trump Menjanjikan UK Kesepakatan Perdagangan Pasca Brexit dan Solusi untuk Perselisihan Huawei

3. Trump Mengatakan AS Kemungkinan Akan Melanjutkan Tarif di Meksiko Atas Imigrasi

4. Wall Street Rebound Pada Harapan Penurunan Suku Bunga