Faedah Menghindari Zina

 
Faedah Menghindari Zina

LADUNI.ID, Jakarta - Sudah kita mafhum semua bahwa mendekati zina adalah perbuatan yang tidak terpuji dan sangat dibenci oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Perbuatan zina sangat membahayakan bukan hanya pada pelakunya, tetapi juga membahayakan keluarga dan juga warga.

Sebaliknya, jika kita bisa menghindari perbuatan zina dengan menjauhi dan menghindarinya, maka ada beberapa faedah yang akan dirasakan. Sebagian dari faedah-faedah itu antara lain sebagai berikut.

Menjaga Kehormatan Pasangan

Faedah ini sangat penting bagi seseorang perempuan, karena dengan menjauhi zina seorang perempuan tetap menjadi terhormat dan tidak seperti benda yang diperjualbelikan.

Menghindari Ketidakjelasan Nasab

Menghindari zina juga akan membuat seseorang terhindar dari ketidakjelasan nasab. Coba saja, jika zina diperbolehkan hingga itu berarti memasukkan anak yang bukan benih ke dalam keluarga yang nantinya hendak mewarisi harta keluarganya. Tentu saja itu sangat buruk, dan akan mengalami beberapa konsekuensi yang salah satunya adalah tidak memperoleh hak waris.

Mencegah Banyaknya Anak Terlantar

Salah satu alasan kenapa zina itu dilarang adalah supaya menghindari banyaknya anak yang ditelantarkan oleh si pelaku lantaran malu karna memiliki anak hasil perzinahan. Selain itu juga bermanfaat buat melindungi bayi-bayi yang kemungkinan dilakukan dengan cara aborsi.

Menjaga Keutuhan dan Ketenteraman dalam Rumah Tangga

Hikmah larangan berzina berikutnya adalah melindungi keutuhan dan juga ketentraman dalam rumah tangga. Dalam ikatan suami istri, bila salah satunya melaksanakan perbuatan zina tentu saja dapat menghancirkan keutuhan rumah tangga. Di dalam Islam juga dijelaskan, apabila salah satu dari suami ataupun istri melaksanakan zina maka itu menandakan tidak mampu melindungi kehormatan rumah tangga.

Sesuai dengan Fitrah Manusia

Fitrah manusia adalah makhluk yang berakal dan berhati nurani. Orang yang berakal atau berpikir dan berhati nurani tidak akan berzina lantara zina itu serupa dengan kelakukan binatang yang tidak berakal dan tidak berhati nurani.

Mencegah Penyebaran Penyakit Menular

Menghindari zina juga bertujuan supaya manusia bebas dari bermacam penyakit menular serupa hiv/aids. Rasulullah bersabda, “tidaklah nampak zina di sesuatu kalangan, setelah itu dicoba secara terang-terangan kecuali hendak tersebar di tengah -tengah mereka tha’un (wabah) dan juga penyakit-penyakit yang tidak sempat menjangkiti generasi sebelumnya. ” (HR. Ibnu Majah).