Dua Gunung Berapi di Papua Nugini Meletus

 
Dua Gunung Berapi di Papua Nugini Meletus

LADUNI. ID, INTERNASIONAL - Ribuan warga terpaksa harus mengungsi akibat dua gunung berapi di Papua Nugini meletus. 

Lebih kurang 15 ribu penduduk sebuah desa di timur laut negara Papua Nugini mengungsi meninggalkan rumah mereka. Demikian laporan yang dikeluarkan lembaga bantuan.

Gunung Ulawun di pulau New Britania di timur laut Papua Nugini meletus pada hari Rabu lalu, menembakan kolom abu setinggi 18 km ke udara. Sementara pada hari Jumat Gunung Manam, yang berada di dekatnya, meletus dan mengirimkan aliran piroklastik berbahaya ke lerengnya.

Abu vulkanik telah menyelimuti daerah itu dengan partikel-partikel kecil seperti kaca yang secara permanen dapat merusak paru-paru, menyebabkan penyakit atau kematian.

Leo Mapmani dari Pusat Bencana Provinsi New Britania Barat mengatakan risiko kesehatan dari abu yang jatuh membuat warga tidak dapat kembali ke rumah mereka, sementara debu akan merusak tanaman pangan jika hujan tidak segera membasuhnya.

"Jika berada di puncak bukit dan puncak pohon dan angin bertiup, orang akan menghirupnya," katanya kepada Reuters, Minggu (30/6/2019) melalui telepon dari Ibu Kota provinsi New Britania Barat, Kimbe

Tidak ada korban yang dilaporkan tetapi letusan menghancurkan rumah, perkebunan dan sumur. Letusan gunung juga meninggalkan penduduk desa tanpa makanan dan air, sementara kolom abu mengganggu penerbangan domestik.