Menlu Inggris Kecewa atas Melampaui Batasnya Pengayaan Uranium Iran

 
Menlu Inggris Kecewa atas Melampaui Batasnya Pengayaan Uranium Iran

LADUNI. ID, INTERNASIONAL -Apa yang diputuskan Iran ternyata melampaui batas pengayaan uranium yang ditetapkan kesepakatan nuklir. Semalam, Iran mengumumkan bahwa mereka telah melampui batas pengayaan uranium yang ditentukan, yakni 300 kilogram.

Hal ini menyebabkan sebagian negara kecewa, seperti yang dikemukakan Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt menyatakan kekecawaan atas tingkah Iran tersebut.

Selanjutnya, Hunt mengatakan, dia sangat prihatin dengan keputusan Teheran untuk memulai kembali proses pengayaan uranium. Tetapi, dia menegaskan kembali komitmen Inggris untuk mempertahankan kesepakatan nuklir dan mengurangi ketegangan di wilayah tersebut.

"Sangat khawatir dengan pengumuman Iran, bahwa mereka telah melanggar kewajiban kesepakatan nuklir yang ada," kata Hunt melalui akun Twitternya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Selasa (2/7).

“Inggris tetap berkomitmen untuk membuat kesepakatan bekerja dan menggunakan semua alat diplomatik untuk mengurangi ketegangan regional. Saya mendesak Iran untuk menghindari langkah lebih jauh dan kembali mematuhi kesepakatan," sambungnya.

Sebelumnya, hal senada juga disampaikan oleh Rusia. Moskow mengatakan, pengumuman Iran bahwa mereka telah melampaui batas pada cadangan uranium yang diperkaya adalah sesuatu yang patut disesalkan.