Pejabat Amerika Serikat: China Sudah Tembakkan Rudal Balistik Antikapal

 
Pejabat Amerika Serikat: China Sudah Tembakkan Rudal Balistik Antikapal

LADUNI.ID, Dua pejabat AS mengungkapkan (1/7) bahwa China dilaporkan telah melakukan beberapa kali uji coba rudal balistik antikapal di Laut Cina Selatan.

Uji coba pertama dilakukan selama akhir pekan ketika setidaknya satu rudal ditembakkan menurut pejabat yang tidak ingin disebutkan.

Dengan ruang pengujian resmi terbuka hingga 3 Juli, para pejabat berharap militer China menembakkan rudal lain ke arah laut sebelum itu.

Pejabat AS mengatakan uji ocoba itu tidka membahayakan kapal perang AS di Laut Cina Selatan.

Pejabat itu menolak berkomentar tentang apakah rudal antikapal yang diuji mewakili kemampuan baru militer China. Ia hanya mengatakan bahwa pengujian itu ‘mengkhawatirkan’.

Laut Cina Selatan berisi banyak pulau yang saat ini dikuasai dan diduduki China namun juga diklaim Vietnam, Taiwan, Kamboja, Brunei, dan Filipina.

Selain dalam jumlah besar perdagangan laut internasional melewati jalur ini, juga diyakini mengandung cadangan minyak dan gas alam yang belum dieksplorasi.

Amerika Serikat dan sekutunya Inggris, Perancis, Kanada, Australia, dan Jepang telah berulang kali menentang klaim teritorial China dengan melakukan operasi navigasi, berlayar dengan kapal militer di Laut China Selatan.

Minggu ini Perancis dan Inggris berjanji akan mengirim kapal perang ke perairan yang diklaim China.

Berita pengujian China ini datang setelah Presiden AS Donald Trump bertemu Presiden China Xi Jinping selama KTT G20 di Osaka, Jepang akhir pekan ini.