Kisah Siswi SMP Penjual Bakpao yang Dibantu Presiden Jokowi

 
Kisah Siswi SMP Penjual Bakpao yang Dibantu Presiden Jokowi

LADUNI.ID, Jakarta - Seorang siswi SMP bernama Dewi Febriyanti (13) berjualan bakpao untuk menutupi kebutuhan hidupnya bersama nenak angkatnya, Opung (61). Dewi tinggal di rumah Opung sejak masih sekolah SD.

Menurut cerita Opung, Dewi mengenal Opung sejak dirinya sering menginap di rumahnya sejak beberapa tahun lalu. Opung heran dengan Dewi yang waktu itu masih berusia SD tetapi tidak pernah sekolah.

"Saya heran kok ini anak enggak pernah sekolah, akhirnya saya bilang saya sekolahin tapi harus ikut kayak cucu-cucu saya lain jualan. Karena dari situ kita bayar ini itu," cerita Opung, Kamis (25/7).

Dengan senang hati, Dewi kemudian menyetujui permintaan Opung, yakni mau disekolahkan dengan syarat berjualan bakpao. Dewi bercerita bahwa dirinya tidak mengambil keuntungan sama sekali dari hasil jualannya itu.

Baca juga: Kisah Nyata di Balik Jilbab Annisa

Semuanya hasil dari jualan itu diserahkan kepada sang nenek untuk digunakan sebagai keperluan sehari-hari. "Untuk bantu-bantu. Kan tinggal sama nenek, ini usaha nenek aku jualin. Ngga capek kok, udah biasa," kata Dewi.

Presiden Jokowi yang melihat berita Dewi, langsung memberikan bantuan, melalui staf kepresidenan yang diutus ke rumah Dewi. Empat orang staf kepresiden tersebut mendatangi rumah Dewi yang berada di daerah Ciledug.

"Bapak tadi pagi lihat berita itu, langsung lah kita diberikan amanah untuk memberikan bantuan kepada Dewi," tutur salah satu staf kepresidenan, Pujiyatno.

Ketika Staf kepresiden mendatangi rumah Dewi dan memberikan bantuan berupa sejumlah uang

Setalah menunggu Dewi pulang sekolah, staf kepresidenan bersama nenek Opung itu kemudian melaksanakan prosesi pemberian bantuan. Staf kepresidenan memberikan sejumlah uang untuk Dewi yang nantinya akan digunakan untuk membiayai keperluan sekolah Dewi dan saudara-saudaranya.

Baca juga: Kisah Paidi yang Dulu Pemulung Kini Ingin Umrahkan Satu Desa

"Senang, senang banget ada bantuan langsung dari Presiden," pungkas Dewi, seperti dilansir dari Kompas.com, Kamis (25/7). Untuk diketahui, Dewi biasanya berjualan bakpao di Pom Bensin sebelah perumahan Ubud Village, Tangerang.