Ziarah di Makam Habib Syaikh Bafaqih Botoputih, Pendakwah Islam di Surabaya

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Habib Syaikh Bafaqih Botoputih, Pendakwah Islam di Surabaya

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Habib Syaikh bin Bafaqih beliau adalah ulama besar dari kota Syihr, sebelah utara Mukala ibukota Hadramaut, Yaman. Habib Syaikh bin Bafaqih mendakwahkan islam di wilaya Jawa Timur.

Al-Habib Syekh pernah dipanggil oleh raja Sumenep yang bernama Tjakronegoro, karena tempat yang menjadi makam tersebut adalah dulunya kerajaan, karena direbut oleh Belanda, maka Raja Sumenep tersebut meminta tolong dan sekaligus mengangkat Al-Habib Syaikh menjadi gurunya, kemudian Habib Syaikh berhasil merebut kerajaan tersebut sampai dengan Allah SWT memanggilnya.

Profil

Habib Syaikh dilahirkan di kota Syihr pada tahun 1212 H anak dari Habib Ahmad Bafaqih dan silsilahnya sampai kepada Nabi Muhammad Rasulullah SAW

Setelah beberapa lama memperdalam pengetahuannya disana-sini, pada tahun 1250 H, Habib Syaikh mulai berani mengambil langkah dakwah menyebarkan ilmunya. Beliau sempat menjelajahi beberapa kota di Nusantara, sebelum akhirnya memutuskan berlabuh di kota Surabaya.

Nasab
Al Imam Arif billah Al-Habib Syekh bin Ahmad bin Al-Arif Billah Al-Qutub Abdullah Bafagih bin Muhammad Maula Al-Aidid bin Ali Al-Huthah bin Muhammad bin Abdullah bin Ahmad bin Abdul Rahman bin Alwi Amma Faqih bin Muhammad Sohibul Mirbath bin Ali Kholi' Qasam bin Alwi bin Muhammad bin Alwi (Ba'alawi) bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa Ar-rumi bin Muhammad An-Nagib bin Ali Al-Uraidhi bin Ja'far Shadiq bin Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Sayidina Husein As-Tsibti bin Ali bin Abi Thalib + Fatimah Az-Zahrah binti Muhammad Rasulullah SAW

Lokasi Makam

Komplek Makam Habib Syech Bafaqih Botoputih berada di Kelurahan Simolawang, Kec. Simokerto, Kota Surabaya

Haul

Haul Habib Syaikh Bafaqih Botoputih diadakan setiap tahun sekali di Komplek pemakaman Habib Bafaqih di Botoputih, Surabaya. Haul beliau diperingati pada bulan Syawal untuk tanggal haul pada hari Kamis kedua sering diadakan Haul Ba'da Asar.

 

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Makam Habib Syaikh Bafaqih banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Surabaya saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang berziarah di makam beliau yang berada di Komplek Pemakaman Habib Syech Boto Putih.

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam Habib Syaikh Bafaqih, dibukakan akal pikiran dan hatinya dalam menerima ilmu, dimudahkan dalam mencari rezeki, dimudahkan dalam menraih derajat, dan dimudahkan dalam hajatnya.

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Surabaya di antaranya:
Almond Crispy Cheese, Kue Lapis Surabaya, Kue Mente, Sambal Bu Rudy, Kaos Cak Cuk, Suoklat.

 

 

 

 

 

 

 

 
 

 

 

 

 

yang Sudah Mengunjungi Ziarah di Makam Habib Syaikh Bafaqih Botoputih, Pendakwah Islam di Surabaya

  • Moh Aan Khunaifi Moh Aan Khunaifi