Ziarah di Makam Ki Ageng Pemanahan, Perintis Wangsa Mataram

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Ki Ageng Pemanahan, Perintis Wangsa Mataram

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Kyai Ageng Pemanahan (dikenal juga sebagai Kiyai Gede Mataram) adalah seorang tokoh perintis wangsa Mataram yang berasal dari Sela (sebuah desa di Grobogan) dan kemudian hijrah ke Pengging. Beliau dijuluki sebagai "Pamanahan" karena bertempat tinggal di desa Manahan, suatu tempat di utara Laweyan (sekarang menjadi salah satu kelurahan di Surakarta).

Kyai Ageng Pemanahan pernah berjasa dalam membunuh Arya Penangsang dalam sayembara pada masa kerajaan Pajang (Sultan Hadiwijaya). Dengan kemenangan yang gemilang itu, Kyai Ageng Pemanahan mendapat anugerah dari Sultan Pajang, yaitu berupa tanah di Bumi Mentaok.

Setelah serah terima wilayah Alas Mentaok dilakukan oleh Sultan Hadiwijaya kepada Kyai Ageng Pemanahan, Ki Ageng Pemanahan dan Ki Juru Martani kemudian membuka Alas Mentaok, yang saat itu berupa hutan lebat, menjadi sebuah desa. Desa di Alas Mentaok tersebut selanjutnya diberi nama Mataram dan berstatus sebagai tanah perdikan atau swatantra atau daerah bebas pajak. 

Seiring berjalannya waktu, wilayah Alas Mentaok semakin berkembang, penduduknya bertambah, dan menjadi sebuah daerah yang makmur yang akhirnya berubah menjadi sebuah kerajaan, yaitu Mataram.  Perubahan itu  terjadi  setelah  putra  Ki Ageng Pemanahan, yang bernama Bagus Srubut atau R.Ng. Sutawijaya, memerintah menjadi raja menggantikan Raja Pajang. Raden Sutawijayalah yang pada akhirnya menurunkan raja-raja yang memerintah daerah-daerah di tanah Jawa. Beliau menjadi orang pertama dari dinasti Mataram yang menguasai Kesultanan Mataram sebagai Panembahan Senapati.

Profil

Ki Ageng Pamanahan atau Ki Gede Pemanahan atau Kiai Gede Mataram adalah tokoh yang dianggap menurunkan raja-raja dinasti Mataram (Islam). Dalam Babad Tanah Jawi disebutkan bahwa Pemanahan adalah putra Ki Ageng Ngenis dan cucu Ki Ageng Sela. Beliau mempunyai nama kecil Bagus Kacung. Nama “Pamanahan” diambil dari tempat tinggalnya setelah dewasa, yaitu suatu tempat yang bernama Pamanahan di utara Laweyan (Surakarta).

Ki Ageng Pemanahan adalah keturunan orang-orang Sela (nama lama untuk Pati) yang pindah ke Pajang. Ki Ageng Pemanahan menikah dengan sepupunya, Nyai Sabinah, putri Nyai Ageng Saba (kakak perempuan Ki Ageng Ngenis). Dari hasil pernikahannya, Ki Ageng Pemanahan dikaruniai seorang putra bernama Bagus Srubut atau  Sutawijaya.

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi Ki Ageng Pemanahan

Guru-guru beliau selama menuntut ilmu adalah:

  1. Ki Ageng Enis
  2. Ki Ageng Sela
  3. Sunan Kalijaga

Lokasi Makam

Ki Ageng Pamanahan, dimakamkan di kompleks Pemakaman Kotagede yang berada di selatan Masjid Kotagede. Lokasi makam dan masjid tidak berubah sejak zaman dahulu hingga sekarang. Lokasi makam di Jalan Masjid Besar Mataram, Sayangan, Jagalan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.

 

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

 

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

MakamKi Ageng Pemanahan banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayahYogyakarta saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang berziarah di makam beliau yang berada di Kawasan Pemakaman Kota Gede, Bantul, Yogyakarta.

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam Ki Ageng Pemanahan, dimudahkan dalam hajatnya, dimudahkan dalam derajat, dimudahkan dalam mencari rezeki, dimudahkan dalam mendapatkan keturunan anak sholeh dan sholehah

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Yogyakarta di antaranya:
Gudeg, Bakpia, Yangko, Geplak, Tiwul, Peyek belut, Peyek Tumpuk, Wedang Uwuh.

 

 

 

 

 

 

 

yang Sudah Mengunjungi Ziarah di Makam Ki Ageng Pemanahan, Perintis Wangsa Mataram

  • R.Mas Bagoes Soeprijono Soegiono.M.T bin R.Mas Soe R.Mas Bagoes Soeprijono Soegiono.M.T bin R.Mas Soe