Mengenal Sosok Al Habib Ali Zainal Abidin Al Jufry

 
Mengenal Sosok Al Habib Ali Zainal Abidin Al Jufry

Oleh KANG LUQMAN

LADUNI.ID, Jakarta - Beliau adalah ulama besar masa kini, sekaligus da'i yang sangat dicintai oleh seluruh umat tanpa terkecuali kaum non Islam. Ribuan non muslim telah membaca dua syahadat di tangan beliau.

Beliau memiliki jiwa toleransi dan kelembutan serta penghormatan terhadap siapapun. Jangan heran jika banyak sumber dan media menyebut beliau sebagai sosok agamawan terbesar pengaruhnya di era globalisasi ini. Beliau juga pendiri lembaga dakwah besar di Dubai yang dinamai thaba foundition. Banyak penghargaan yang di terima beliau.

Beliau berguru pada banyak ulama besar di dunia baik yang masyhur maupun yang mastur tercatat lebih dari 300 ulama yang beliau gurui.

Berkali-kali beliau mengisi seminar di kampus-kampus Kristen di Eropa-Amerika dengan tema-tema sensitif yang menjawab tentang citra keislaman.

Beliau adalah tokoh yang pingsan dalam kisah pemakaman Sayyid Muhammad al-Maliki. Syekh Saeed Ramadhan Al-Buty menyebutkan bahwa beliau Habib Ali adalah insan yang mendapat anugera cinta dari dunia.

Dalam dakwahnya beliau sangat terinspirasi oleh empat gurunya: Sayyid Muhammad al-Maliki, Habib Abdulqodir Assegaf, Syaikh Mutawalli Sya'rawi, serta Habib Umar bin Hafidz yang notabene masih kakak kelasnya ketika masih berguru pada Habib Abdulqodir Assegaf, dan beliau juga merupakan menantu dari Alhabib Abubakar Almasyhur.

Beliau diidolakan oleh muslim aswaja dunia bahkan tak sedikit dari kalangan non aswaja begitu pun non Islam yang mengidolakan beliau.

Beberapa ulama salafi yang munshif itu bersahabat baik dengan beliau begitupun dari ulama syiah yang munshif, pernah viral di sosmed wanita Yahudi yang bersumpah cinta sekali pada beliau bahkan rela dinikahi beliau.

Magnet daya tarik beliau tak terelakan lagi. Beliau sering melakukan safari dakwah ke Jerman, Inggris, Prancis, Italia dan negara-negara eropa lainnya, dan pernah juga ke india pakistan malaysia hingga indonesia dan negara asia lainnya, beliau memiliki andil besar dalam upaya perdamaian dunia.

Selain berdakwah beliau juga aktif menulis. Beberapa karya tulis beliau antara lain:

 معالم السلوك للمرأة المسلمة.

 محبة الرسول.

 مولد ووفاة الرسول

 محا سبة النفس

 الرجل المسلم في بيته.

 تربية الأولاد.

 لا تحزن لا تغضب فلن يخزيك الله.

 الاقتصاد الرباني.

 المشاكل بين الزوج والزوجة.

 كيف أحب أصحاب محمد.

 التوبة النصوح.

 الإنسانية قبل التدين.