TKIT Robbani Kendal

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
TKIT Robbani Kendal

Profil

Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Robbani Kendal dikelola oleh Yayasan Robbani yang berdiri berdasarkan Akta Notaris Nomor 5, tertanggal 3 September 1998, Sri Widyawati Hasil, SH. Notaris/PPAT di Kendal.

TKIT Robbani Kendal berdiri pada tahun 2001. Awal mula didirikan TK karena di sekitar lingkungan tersebut merupakan perumahan baru dan banyak anak usia TK dan belum ada TKIT, sebagaimana kota-kota lainnya. Di sekitar, tokoh-tokoh masyarakat Islam tergerak untuk mendirikan TKIT.

Awal dibukanya, TK yang berlokasi di Perumahan Griya Praja Mukti Blok S/7, Langenharjo Kendal dan statusnya masih mengontrak selama 4 tahun. Alhamdulillah saat ini sudah memiliki gedung sendiri yang letaknya bersebelahan dengan lokasi sebelumnya. TKIT Robbani dari tahun ke tahun terus berkembang dengan dibangun sarana dan prasarana yang memadahi. Izin operasionalnya berdasarkan keputusan Dinas P dan K Kabupaten Kendal No. 421/2571/pdkk/2001. 

Sampai saat ini alhamdulillah TKIT Robbani Kendal masih istiqomah mendidik para siswanya untuk tumbuh optimal  menjadi generasi tangguh yang bertaqwa, berakhlaq mandiri, kreatif dan ceria.
 

VISI DAN MISI LPIT YAYASAN ROBBANI KENDAL

VISI

Mempromosikan Sekolah Islam Terpadu yang Mampu Melakukan Perubahan Bagi Lingkungannya ke Arah Kehidupan yang Islami Berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah Rasul.


MISI

  1. Mewujudkan Sekolah yang Dikelola dengan Nilai-nilai Islam Berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah Rasul serta Mengajarkan Bagaimana Belajar Beragama dan Menerapkannya dalam Kehidupan Sehari-hari, Sehingga Menjadi Karakter Seorang Mukmin dan Da'i.
  2. Menyelenggarakan Pendidikan Pra Sekolah Dasar, Dasar, dan Menengah yang Unggul untuk Menghasilkan Lulusan yang Berkualitas, Mandiri, dan Berakhlaq Mulia.
  3. Menumbuhkan Kapasitas dan Potensi Siswa dan Guru secara Maksimal Sesuai Bakat dan Minatnya, Sehingga Mampu Memberikan yang Terbaik untuk Kemaslahatan Manusia.
  4. Memberikan Keterampilan Belajar yang Tinggi, Kebiasaan-kebiasaan Islami, dan Kemampuan Daya Saing yang Tinggi Bagi Para Siswa Agar Dapat Bersaing di Era Global dengan Akhlaq Karimah
  5. Mewujudkan Sumber Daya Manusia Khususnya Guru yang Amanah dan Profesional serta Mempunyai Komitmen dan Kompetensi yang Tinggi Sehingga Mampu Memberikan yang Terbaik untuk Umat Manusia dan Allah SWT.
  6. Mewujudkan Sekolah Islam yang Dikelola Secara Efektif, Efisien, dan Akuntabilitas Sehingga Selalu Dapat Ditingkatkan Kualitasnya Secara Terus Menerus dan Dapat Menjadi Sekolah Percontohan.

Program Pembentukan Perilaku dapat dilaksanakan melalui:

  1. Kegiatan rutin misalnya : berdoa, mengucapkan salam
  2. Kegiatan spontan, misalnya : teguran pada anakyang jail
  3. Kegiatan dengan teladan / contoh guru misalnya : berpakaian rapi, bertutur kata yang baik
  4. Kegiatan yang di rencanakan (terprogram) misalnya : dalam persiapan mengajar.

Mengingat pentingnya program pembentukan perilaku, maka harus dilaksanakan secara seimbang dengan kemampuan dasar sehingga pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di TK dapat mencapai hasil yang optimal.  

Fungsi Program Kegiatan Belajar

Program Kegiatan Belajar TK berfungsi untuk :

  1. Mengembangkan seluruh kemampuan yang dimiliki oleh anak sesuai tahap perkembangannya
  2. Mengenal anak dengan dunia luar
  3. Mengembangkan sosialisasi anak
  4. Mengenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak.
  5. Memberikan kesempatan pada anak untuk menikmati masa bermain.

Pembentukan perilaku dan pengembangan kemampuan dasar tersebut dicapai melalui metode yang digunakan agar dapat memacu perkembangan-perkembangan sebagai berikut:

  1. Perkembangan motorik
  2. Perkembangan Daya Cipta dan Bahasa
  3. Perkembangan kreativitas dan keterampilan
  4. Perkembangan Emosi
  5. Perkembangan Proses Sosialisasi dan Perilaku.

 

Alamat

Jl. Griya Praja Mukti Blok S/7 Langenharjo Kendal, Jawa Tengah

Telepon: (0294) 383997