TK Muslimat NU Pemalang 

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
TK Muslimat NU Pemalang 

Profil

TK Muslimat NU Panjunan didirikan pada tanggal 20 Juli 1998. Berada pada kecamatan Petarukan namun terpisah jauh dari lingkungan Kecamatan  Petarukan karena adanya sebuah sungai yang memisahkan desa Panjunan dengan desa-desa lain yang ada di Kecamatan Petarukan oleh Drs. H. Ma‟un Mas‟ud,SH. Beliau adalah salah satu tokoh Agama di desa Panjunan yang memegang peran penting atas berdirinya pendirian sekolah tersebut. Awalnya sebelum gedung TK itu dibangun hanya ada 1 kelas dan 2 orang guru saja dan itu masih menumpang diteras rumah pendirinya.

Dan kepala TK  yang pertama adalah ibu Eni Kayanti, S.Pd AUD hingga saat ini. Memang sedikit memprihatinkan karena pada saat pembelajaran sedang berlangsung sedikit terganggu oleh ramainya kendaraan yang lewat. Namun seiring berjalannya waktu gedung TK itu bisa dibangun dari  dana   bantuan pemerintahan beserta  para donatur-donatur.  

Dan sampai saat ini gedung sekolah itu berdiri sudah terbangun 3 ruang kelas 1 kantor, 1 ruang kepala sekolah, 1 gudang dan1 MCK. Sekolah tersebut didirikan atas dasar kepedulian beliau yang sangat memperhatikan dunia pendidikan di lingkungannya. Rendahnya SDM yang ada di masyarakat desa Panjunan menjadikan beliau berfikir dan memutuskan untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang diberi nama TK Muslimat NU Panjunan.

Lembaga pendidikan tersebut berada dibawah naungan yayasan Muslimat NU. Dan dengan didirikannya sekolah tersebut menjadikan masyarakat desa Panjunan sadar akan pentingnya pendidikan terutama pada Pendidikan Anak Usia Dini.

Visi dan Misi TK

Visi

"Aktif, kreatif dan atraktif untuk berprestasi yang dilandasi iman dan takwa serta berakhlakul karimah."

Misi

a.Menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif dan atraktif.
b.Menyelenggarakan pendidikan untuk menciptakan peserta didik yang beriman dan bertakwa.
c.Menanamkan budi pekerti yang berakhlakul karimah.
d.Memotifasi peserta didik untuk berpartisipasi.

Tujuan

1.Terbentuknya peserta didik yang aktif, kreatif untuk berprestasi yang optimal.
2.Terbentuknya anak didik yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.
3.Terbentuknya anak didik yang memiliki akhlak mulia dan berbudi pekerti yang luhur.
4.Terbentuknya anak didik yang aktif dan kreatif  untuk berprestasi.
 


 

Metode Penyampaian Materi

1. Metode menyanyi Contoh penggunaan metode menyanyi seperti anak sholeh, anak islam, anak-anak muslimat, dan lain sebagainya
2 .Metode bersyair Contoh penggunaan metode bersyair seperti anak sholeh, lahirnya nabi, bhaktiku danlain sebagainya.
3. Metode bercerita Contoh penggunaan metode bercerita seperti menceritakan kisah-kisah nabi dan rasul, menceritakan kisah-kisah orang-orang sholeh dan sholeha, menceritakan kisah walisongo dan kisah-kisah yang memiliki sejarah dan ajaran Islam.
4. Metode praktek Contoh penggunaan metode praktek seperti mempraktekan gerakan sholat wajib dan sholat sunnah, praktek wudhu, serta menghafal asmaul husna dan surat-surat pendek atau ayat-ayat pendek.

Dari penelitian dikelas bisa disimpulkan bahwa pemberian pembelajaran akhlak Islam pada peserta didik memberikan pengaruh seperti :

a. Peserta didik dapat menghafal asmaul husna walaupun masihdengan bimbingan
b. Peserta didik dapat berkelakuan baik terhadap sesama teman, guru dan orang tua
c. Peserta didik dapat mengingat kisah-kisah sejarah Islam yang didalamnya terdapat banyak nilai-nilai positif
d. Peserta didik dapat menghafal beberapa ayat dan surat pendek. Peserta didik dapat melakukan gerakan sholat dan wudhu.

Dengan kesabaran dan ketelatenan maka guru TK Muslimat NU Panjunan harus berusaha menyampaikan materi pembelajaran semaksimal   mungkin untuk mengajarkan anak agar berakhlakul karimah.

 

Alamat

Desa Panjunan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Jawa Tengah