Majelis Ta'lim Pesantren Al-Itqon Semarang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Majelis Ta'lim Pesantren Al-Itqon Semarang

Profil
Pengajian ahad pagi sudah berjalan kira-kira selama 14 sampai 15 tahun. Pada awalnya pengajian ahad pagi ini berasal dari pengajian kitab biasa di pondok pesantren yang dipimpin oleh KH. Haris Shodaqoh yang diikuti oleh anak-anak santri sebagai tradisi pondok pesantren, yang biasa disebut dengan “Ngaji di Pesantren”.

Kemudian pengajian itu didengar oleh orang-orang kampung atau masyarakat sekitar sehingga mereka tertarik untuk ikut mendengarkan serta mengikuti pengajian tersebut.  Oleh karena itu, KH. Haris Shodaqoh mempunyai pemikiran bahwa seharusnya orang kampung mempunyai waktu sendiri untuk mengaji serta harus berbeda dalam penjelasan dari pada anak-anak santri.

Kemudian pengajian untuk anak-anak santri dan orang kampung dipisahkan. Pengajian bagi orang kampung atau masyarakat diberi waktu khusus pada hari minggu pagi atau ahad pagi, karena pada waktu itu merupakan waktu yang luang bagi masyarakat untuk mengikuti dan melaksanakan pengajian ahad pagi.

Pada pengajian tersebut menggunakan kitab Al-Ibriz sebagai bahan untuk mengaji dengan tujuan mengenalkan isi kandungan Al-Qur’an. Sehingga pengajian tersebut dinamakan “Pengajian Ahad Pagi”.  Pengajian ahad pagi pada mulanya hanya diikuti oleh beberapa orang saja yaitu sekitar 3 sampai 5 orang.

Kemudian seiring dengan berjalannya waktu banyak masyarakat yang ingin mengikuti pengajian tersebut, sehingga jama’ah pengajian semakin bertambah banyak hingga berkembang sampai sekarang yang mencapai ribuan orang. Pelaksanaan pengajian ini dihadiri atau diikuti oleh berbagai kalangan baik tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan.

Kedatangan mereka biasanya datang sekitar jam 5 pagi sampai selesai kira-kira jam 7.30 pagi. Mereka mengikuti jalannya pengajian tersebut dengan khusyuk. Menurut Ali Mahmudi, selaku jama’ah pengajian ahad pagi mengatakan bahwa pengajian yang dilaksanakan setiap minggu atau ahad pagi ini adalah suatu kegiatan yang sangat baik sekali, apalagi untuk orang yang selalu ingin menambah ilmu keagamaannya.

Karena pengajian ini menerangkan berbagai macam penjelasan tentang isi kandungan Al-Qur’an itu sendiri. Pengajian ahad pagi ini diawali dengan pembacaan sholawat sebelum pengajian dimulai yang dibacakan oleh H. Sakdun dan bapak Samik. Kemudian dilanjutkan dengan tahlilan yang langsung dipimpin oleh KH.Haris Shodaqoh. Berikut adalah urutan acara pengajian ahad pagi, yaitu :
1. Pembacaan sholawat  
2. Pembacaan tahlil dan wirid  
3. Pengajian kitab Al-Ibriz
4. Istighotsah
5. Do’a 

Adapun tujuan didirikannya pengajian ahad pagi adalah sebagai berikut :
1. Untuk mengenalkan kepada masyarakat luas tentang makna isi kandungan Al-Qur’an yang merupakan kitab pegangan umat Islam.
2. Untuk membina masyarakat luas agar selalu menjadi insan yang baik dalam kehidupan yang Islami dan berakhlaqul karimah.
3. Untuk mempererat tali persaudaraan, dan menjalin kokohnya kesatuan dan persatuan umat.

Pengurus
Susunan Kepengurusan Pengajian Ahad Pagi

Pengasuh : KH. Ahmad Haris Shodaqoh
Ketua: H. Sarkam
Sekretaris : Khoiruddin
Bendahara : Masruri
Anggota                :

  1. Muchyidin  
  2. Marwan    
  3. Damuri    
  4. Halimi  
  5. Jumadi    
  6. Kasmir  

Adapun pembagian tugas pengurus pelaksana pengajian ahad pagi adalah sebagai berikut :
1.  Ketua

  1.  - Memimpin dan mengadakan rapat.
  2.  - Membagi tugas pelaksanaan pengajian kepada anggota.
  3.  - Memantau tugas para anggota.  
  4. - Mempertanggungjawabkan pelaksanaan program kerja kepada pengasuh.

2.  Sekretaris  

  1. - Mewakili ketua sepanjang mandat yang diterima.
  2. - Mempersiapkan bahan rapat.
  3. - Memimpin tugas kesekretariatan.
  4. - Mengatur pembukuan bersama bendahara mengenai keuangan.  
  5. - Bertanggung jawab kepada ketua.  

3. Bendahara

  1. - Mengatur pemasukan dan pengeluaran.
  2. - Membuat dan mempertanggungjawabkan pembukuan keuangan.
  3. - Bertanggung jawab kepada pengasuh maupun ketua.

4. Anggota

  1. - Melaksanakan tugas dengan sepengetahuan pengasuh atau ketua.
  2. - Mempersiapkan fasilitas dan alat-alat yang diperlukan dalam pelaksanaan pengajian

Pengasuh
1. KH. Ahmad Haris Shodaqoh
2. KH Ubaidullah Shodaqoh

Materi
Pengajian ahad pagi menggunakan kitab Al-Ibriz sebagai bahan untuk mengaji dengan tujuan mengenalkan isi kandungan Al-Qur’an. Proses pelaksanaan pengajian ahad pagi adalah seperti pengajian kitab biasa yaitu dengan membaca dan menerangkan, urut mulai dari bacaan surat Al-Baqarah sampai akhir surat. Ayat demi ayat dibaca dan diterangkan tetapi sebatas kelas pemikiran audien (sami’in). Dari ahad ke ahad kadang-kadang dapat 10 sampai 20 ayat atau kadang juga sampai 30 ayat secara terus menerus. Pengajian ini pernah katam satu kali yang ditempuh dalam waktu 12 tahun.

Alamat
Jl. Kyai H. Abdurrosyid, Tlogosari Wetan, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah
Kode Pos: 50196
Telepon: (024) 76747772