Memahami Cara Kerja Pasar Dana Pinjaman

 
Memahami Cara Kerja Pasar Dana Pinjaman

LADUNI.ID, Jakarta - Pasar dana pinjaman (market of loanable funds) adalah pasar di mana interaksi permintaan dan penawaran dana pinjaman (loanable funds) terjadi di dalam sebuah perekonomian. Pada dasarnya, pasar ini adalah pasar keuangan di dalam negeri. Transaksi melibatkan uang, alih-alih barang atau jasa.

Pasokan dana pinjaman berasal dari rumah tangga, bisnis atau pemerintah. Rumah tangga menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung. Demikian juga, perusahaan mengalokasikan sebagian laba (kas) ke berbagai instrumen keuangan. Sementara itu, pemerintah memasok uang jika menjalankan surplus fiskal di mana pendapatan pajak melebihi pengeluaran.

Sementara itu, permintaan dana pinjaman juga berasal dari ketiga sektor tersebut. Rumah tangga meminjam dana (misalnya dari bank) untuk membeli berbagai barang seperti rumah dan mobil. Perusahaan menggunakannya untuk belanja modal. Sementara itu, pemerintah menggunakan dana untuk menutup defisit anggaran.

Pasar dana pinjaman merupakan interaksi antara permintaan dan penawaran dana pinjaman yang akhirnya akan mempengaruhi jumlah pinjaman dan tingkat bunga. Tingkat bunga adalah harga yang harus dibayar atas penggunaan loanable funds. Dasar pemikiran dari timbulnya penawaran akan loanable funds adalah berasal dari masyarakat yang menyisihkan sebagian dari pendapatannya untuk ditabung. Dapat dijelaskan disini bahwa jika pada suatu periode tertentu ada anggota masyarakat yang menerima pendapatan melebihi dari apa yang mereka perlukan untuk kebutuhan konsumsinya selama periode tersebut, maka mereka ini adalah kelompok penabung. Bersama-sama atau seluruh jumlah tabungan mereka membentuk penawaran akan

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN