Biografi KH. Maksum Rejoso, Pengasuh Pesantren Darul Ulum Rejoso, Jombang

 
Biografi KH. Maksum Rejoso, Pengasuh Pesantren Darul Ulum Rejoso, Jombang
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi:

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga
1.3  Wafat

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Pendidikan
2.2  Guru-Guru

3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
3.1  Menjadi Pengasuh Pesantren
3.1  Kiprah di Nahdlatul Ulama

4.    Chart Silsilah Sanad

1. Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
KH. Maksum lahir pada 21 Februari 1911 M, di Rejoso, Jombang, Jawa Timur. Beliau merupakan putra ketiga dari pasangan KH. Kholil Rejoso dengan Nyai Siti Fatimah. Seperti halnya sang kakak, masa kecilnya diasuh dan dididik secara langsung oleh ayahnya sendiri. Pada tahun 1920 beliau diikutkan dalam rombongan haji ke tanah suci bersama keluarganya sekaligus berziarah ke tempat-tempat suci di sana.

1.2 Keluarga
Pada tahun 1938, KH. Maksum dinikahkan dengan seorang putri dari H. Hasyim, Jagalan, Jombang, yang bernama Nyai Chasanah. Buah dari pernikahannya, beliau dikaruniai 2 putri dan 5 putra. Anak-anak beliau diantaranya:

  1. Chafsoh,
  2. Abdul Channan,
  3. Abdul Hakam,
  4. Siti Aisyah,
  5. Abdul Hafidz,
  6. Abdul Hakim,
  7. Abdul Halim.

1.3 Wafat
KH. Maksum wafat pada 26 Rajab 1380 H/14 Januari 1961 M, dimakamkan di kompleks Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Jombang.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1 Pendidikan

Sepulangnya dari tanah suci, KH. Maksum dipondokkan di Pesantren Tebuireng asuhan KH. Hasyim Asyari sampai tahun 1926. Tahun 1926 hingga 1928, beliau berguru lagi kepada ayahnya serta pamannya, KH. Romly Tamim.

Pada akhir tahun 1928, beliau berkesempatan melanjutkan nyantri bersama kakaknya di Saudi Arabia pada Madrasah As-Shaulatiyah Al-Hindiyah di bawah asuhan Syekh Salim Al-Hindi. Di tahun 1935, Maksum mempunyai karir baru sebagai tenaga pengajar di Madrasah Darul Ulum, Makkah, dan beliau baru kembali ke Tanah Air tahun 1937.

Sekembalinya ke Tanah Air, rasa cintanya terhadap ilmu tidaklah padam, bahkan kian menggebu. Hal ini beliau buktikan dengan nyantri lagi di Pondok Pesantren Sedayu, Gresik. Di pondok ini, beliau memperdalam lagi ilmu Qiraat Al-Qur’an seni baca ayat-ayat suci Al-Qur’an.

2.2 Guru-Guru

  1. KH. Kholil Rejoso,
  2. KH. Hasyim AsyariPesantren Tebuireng Jombang,
  3. KH. Romly TamimPesantren Darul Ulum Rejoso Jombang.
  4. Syekh Salim Al-Hindi

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah
3.1 Mengasuh Pesantren

KH. Maksum merupakan pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Jombang. Beliau diberi amanah untuk managemen pendidikan Pondok Pesantren Darul Ulum.

3.2 Mendirikan Yayasan
Pada tahun 1947, KH. Maksum mendirikan sebuah yayasan bernama “Darul Aitam” suatu yayasan sosial yang memberikan santunan pada anak yatim piatu. Yayasan ini sampai sekarang masih berdiri kokoh, terawat dengan baik, dan saat ini tengah dikelola oleh salah satu putra beliau, Drs. Abdul Hafidz.

3.3 Kiprah di Nahdlatul Ulama
Selama hidupnya, KH. Maksum juga aktif di pergerakan sosial, politik, maupun pendidikan. Pada tahun 1940, beliau ditunjuk oleh warga Nahdliyin sebagai wakil Syuriah NU, Jombang, antara Tahun 1946-1948, beliau aktif sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Jombang.

Pada tahun 1950, beliau menjabat sebagai ketua Lembaga Pendidikan Maarif NU di Jombang, lalu dilanjutkan, dengan menjadi anggota Konstituante Republik Indonesia. Pada tahun 1946, KH. Maksum ditunjuk sebagai pelaksana Administrasi Managemen di Jamiyah Tarekat Qadiriyah Naqsyabandiyah.

4. Chart Silsilah Sanad
Simak chart silsilah sanad guru KH. Maksum Rejoso dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit pada tanggal 06 September 2022, dan Kembali diedit dengan penyelarasan bahasa pada tanggal 21 Februari 2024.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya