Cerita Amaliyah Bersama Abah Guru Sekumpul

 
Cerita Amaliyah Bersama Abah Guru Sekumpul
Sumber Gambar: Abah Guru Sekumpul (Foto: ist)

Laduni.ID, Jakarta- Alhamdulillah saya sempat bertemu beberapa kali dan menimba ilmu dengan Abah Guru Sekumpul.

Dalam beberapa kesempatan saya pernah bertanya kepada Abah Guru, kata saya : Abah, apa saja amaliah yang selama ini Abah amalkan?

Abah menjawab : Yang utama Al Qur'an, saya setiap hari membaca Al Qur'an dengan mengikuti hizib/batas yang dibuat oleh Sayyidina Utsman Radiyallahu 'anhu, yang seminggu khotam. Jadi, saya alhamdulillah bisa khotam membaca Al Qur'an dalam seminggu sekali.

Kemudian saya tanya lagi kepada beliau : Apalagi Abah?

Beliau menjawab : Saya banyak membaca sholawat kepada Rasulullah SAW minimal enam ribu kali sehari , disamping itu secara rutin membaca "Dalailul Khoirat" .

Saya tanya lagi, apa lagi Abah?

Beliau menjawab, rutin tiap malam sholat tahajjud di sepertiga akhir daripada malam.

Saya tanya lagi, apa lagi abah ?

Beliau menjawab : selalu tekun mengerjakan sholat-sholat sunat lainnya seperti sholat dhuha, sholat tasbih dan sholat rawatib lainnya.

Inilah yang saya dapat dari Abah Guru Sakumpul, dan beliau berwasiat : Usahakan mengamalkan itu walaupun memulainya tidak sekaligus.

Kemudian yang sangat terkesan waktu itu, saya sempat makan bersama beliau di kamar beliau, yang waktu itu sibuk menyiapkan makanan kami anak angkat beliau bernama H.Jahrani, yang sekarang masih hidup dan punya rumah berdampingan dengan kubah Abah Guru.

Di beberapa kesempatan bertemu di hari lain, banyak hal yang saya tanyakan kepada Abah Guru, khusus masalah agama, sehingga saya merasa puas dengan keterangan dari beliau, dan saya banyak mengambil ilmu tanpa kitab dari Abah Guru.

Ada satu kalimat yang saya dengar dari ucapan Abah Guru, bahwa beliau diangkat oleh Allah SWT sebagai seorang Waliyullah yang bertugas untuk menjaga dan mengawasi wilayah Asia Tenggara ini.

Subhanallah, saya tidak pernah bosan mendengarkan wejangan-wejangan Abah Guru .

Oleh: H. Madyan Noor Mar'ie Lc. (Alumnus Universitas Madinah/Pernah aktif di PMII, GP Ansor, Wakil Ketua KMNU Komisariat Madinah Saudi Arabia). Sumber tulisan dinukil dari IG  @abah_guru_muhibbinn.

Editor : Ali Ramadhan