Pesan Mbah Maioen: Jangan Meminta Banyak ke Allah Ta'ala, Cukup 4 Hal ini Saja

 
Pesan Mbah Maioen: Jangan Meminta Banyak ke Allah Ta'ala, Cukup 4 Hal ini Saja
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Allah SWT menyeru kepada hamba-Nya untuk berdoa dan menggantungkan hidupnya hanya kepada Allah. Namun, tidak sedikit orang yang hanya berdoa ketika dia benar-benar dalam keadaan terpuruk, ketika doanya telah dikabulkan, dia kembali melupakan Allah dan terjerumus dalam dosa.

وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran. (QS. al-Baqarah: 186)

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ ࣖࣖࣖ

Artinya: “Dan Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.’” (QS. Ghafir: 60)

Setiap orang tentunya memiliki doa yang berbeda, tergantung apa yang dibutuhkan. KH Maimoen Zubair (Mbah Moen) pernah dawuh bahwa sebaiknya berdoa kepada Allah tidak banyak-banyak, cukup meminta empat hal dan itu sudah mencakup dunia dan akhirat.

“Cung, lek nyuwun neng Allah Ta’ala kuwi ojo akeh-akeh, papat wae wes cukup. Nyuwun nikmate urip, nyuwun rizqi lumintu, nyuwun keluarga tentrem, nyuwun bejo dunyo akherat. Wes iku wae, faham yo,” dawuh Mbah Moen.

(Nak, kalau meminta sama Allah Ta’ala itu jangan banyak-banyak, cukup empat saja. Minta nikmatnya hidup, minta rezeki yang melimpah dan berkah, minta keluarga yang damai sejahtera, minta keberuntungan dunia akhirta. Sudah itu saja, paham ya)

Tidak hanya itu, para Nabi juga telah mengajarkan berbagai macam doa yang bisa diamalkan. Doa-doa tersebut juga dapat menunjang empath al yang didawuhkan oleh Mbah Moen. Berikut doa-doa para Nabi:

1. Doa mensyukuri nikmat dari Nabi Sulaiman:

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ.

2. Doa untuk minta rezeki dari Nabi Isa:

اللَّهُمَّ رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لِأَوَّلِنَا وَآَخِرِنَا وَآَيَةً مِنْكَ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقيْن

3. Doa menginginkan anak yang baik dari Nabi Zakariyya:

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

4. Doanya hamba-hamba Allah yang beriman:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا.

5. Doa yang sering Nabi Ibrahim lantunkan:

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

6. Doa minta keberuntungan dari Nabi Muhammad:

 اللَّهُمَّ إنَّا نَسْألُكَ مُوجِباتِ رَحْمَتِكَ، وَعَزائِمَ مَغْفِرَتِكَ، والسَّلامَةَ مِنْ كُلِّ إثمٍ، والغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ، والفَوْزَ بالجَنَّةِ، والنَّجاةَ مِنَ النَّارِ

7. Doa minta kebaikan dunia dan akhirat:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Semoga kita bisa mengamalkan semua doa-doa tersebut dan istiqamah dalam melakukannya.

Disadur dari berbagai sumber


Editor: Daniel Simatupang